Seri Google Pixel 9 akan Hadirkan Fitur Satellite SOS, Apakah ini Gratis, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Rabu 21-08-2024,09:53 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

Seperti yang diharapkan, Pengguna harus tetap berada di area dengan langit cerah dan jauh dari gedung-gedung tinggi serta pepohonan.

BACA JUGA:Ini Pesan Pak Anies Baswedan Usai Putusan MK, ‘Pastikan Kita Tuan Rumah di Tanah Kita Sendiri’

BACA JUGA:Hisense U8/U8N, Google TV Kelas Menengah dengan Kecerahan dan Kontras lebih Baik

Google mengatakan fitur ini hanya akan tersedia di AS (tidak termasuk Hawaii dan Alaska) untuk saat ini. 

Fitur ini juga belum tersedia secara langsung pada seri Pixel 9, tetapi perusahaan mengatakan fitur ini "akan segera hadir." 

Selain itu, Pengguna perlu menyetel Google Messages sebagai aplikasi perpesanan default. Untuk saat ini, Pengguna dapat mencoba demo pada Pixel 9 dengan membuka Setelan > Keamanan & darurat > SOS Satelit dan mengikuti petunjuk di layar.

Google mengatakan fitur tersebut akan gratis selama dua tahun pertama setelah Anda mengaktifkan Pixel 9, tetapi belum menjelaskan apa yang terjadi setelah periode tersebut berakhir.

BACA JUGA:Sony Bravia 2 (2024), Google TV yang Mendukung 4K HDR dengan Mesin Pemrosesan 4K X-Reality Pro 

BACA JUGA:Samsung Galaxy S24 Ultra vs Google Pixel 8 Pro, Adu Spesifikasi HP Flagship Samsung dan Google

Ada kemungkinan Google memperpanjang periode akses gratis, seperti yang telah mereka lakukan dengan fitur-fitur lain di masa lalu, tetapi itu hanya spekulasi untuk saat ini. 

Ketika Apple memperkenalkan fitur Satellite SOS dengan iPhone 14, awalnya Apple juga menawarkan akses gratis selama dua tahun, kemudian memperpanjang masa uji coba selama satu tahun lagi untuk pemilik iPhone 14.

Di sisi lain, Apple merupakan salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan fitur Satellite SOS yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan layanan darurat tanpa sinyal seluler atau Wi-Fi, yang sangat berguna untuk situasi seperti perjalanan hiking. 

Kini, Google mengikuti jejaknya dengan seri Pixel 9, karena semua model seri unggulan baru akan dilengkapi dengan Satellite SOS.

BACA JUGA:Apple iPad Air 13 (2024) Miliki Layar Besar dengan Fitur Mentereng

BACA JUGA:Apple Siapkan Peluncuran Dua Perangkat Lipat Baru pada 2026, Apa Saja?

Namun, masih belum jelas seberapa andal Google Satellite SOS, meskipun versi Apple telah terbukti sangat berguna, menyelamatkan nyawa dalam banyak situasi darurat. 

Kategori :