79 Tahun Mengabdi, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan HUT Pengayoman ke-79 di Lapas Kelas I Palembang

Senin 19-08-2024,16:24 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pengayoman ke-79 yang berlangsung khidmat di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Palembang pada Senin 19 Agustus 2024 pagi.

Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Kemenkumham Sumsel, mulai dari Pimpinan Tinggi Pratama hingga pegawai di Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-kota Palembang.

Perayaan HUT Pengayoman ke-79 kali ini mengusung tema “Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas 2045,” yang menggambarkan semangat transformasi besar dalam upaya memperkuat sistem hukum yang lebih responsif, transparan, dan akuntabel.

Tema ini juga selaras dengan visi besar Indonesia Emas 2045, di mana Kemenkumham berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pencapaian visi tersebut.

BACA JUGA:Pelindo Cycling Team Palembang Raih Prestasi Membanggakan di Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2024

BACA JUGA:Apple iPad Air 13 (2024) Miliki Layar Besar dengan Fitur Mentereng

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Dr. Ilham Djaya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, yang menekankan bahwa perayaan tahun ini merupakan momen bersejarah karena menjadi perayaan pertama Hari Pengayoman menggantikan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD).

Pergantian ini menandakan era baru dalam pengabdian dan pengayoman kepada masyarakat.

“Momen peringatan ini adalah awal dari era baru dalam sejarah Kemenkumham. Dengan mengusung tema Indonesia Emas 2045, kita diingatkan untuk terus bertransformasi, memperkuat sistem hukum yang lebih responsif, transparan, dan akuntabel. Insan pengayoman memiliki tanggung jawab besar sebagai garda terdepan dalam penegakan hukum dan pelindung Hak Asasi Manusia (HAM) bagi masyarakat,” tegas Ilham Djaya dalam sambutannya.

BACA JUGA:Suasana Khidmat dan Semangat Warnai Upacara Peringatan Hari Pengayoman ke-79 di Lapas Narkotika Muara Beliti

BACA JUGA:Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024, Bupati Ogan Ilir Raih Penghargaan Lencana Melati

Upacara berlangsung dengan penuh khidmat dan seluruh peserta upacara tampak tegak dengan sikap sempurna. Mereka mengenakan seragam resmi PDU 1 yang baru, menunjukkan kesatuan dan kebanggaan sebagai bagian dari Kemenkumham dalam momen penting ini.

Sebagai bagian dari prosesi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati, juga membacakan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM, yang memberikan gambaran perjalanan panjang kementerian dalam mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum.

Salah satu momen penting dalam upacara tersebut adalah pemberian penghargaan kepada tiga orang pegawai teladan dari Lapas Kelas IIB Kayuagung.

Kategori :