Medco E&P Dorong Minat Baca dengan Pojok Literasi di Mulyo Harjo

Senin 19-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

MUSI RAWAS, SUMEKS.CO – Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar wilayah operasi, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Medco E&P Indonesia bersama Medco Foundation dan Rumah Zakat telah meresmikan Pondok Baca di Desa Mulyo Harjo, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas.

Kehadiran Pondok Baca ini menjadi wujud nyata kepedulian Medco E&P terhadap pengembangan masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan dan literasi.

Peresmian Pondok Baca ini berlangsung pada Minggu, 18 Agustus 2024, sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Desa Mulyo Harjo.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Perwakilan Camat BTS Ulu, Agus Wiyoko; Perwakilan Koramil, Amveeky; Kepala Desa Mulyo Harjo, Suryati; mantan Kepala Desa Mulyo Harjo yang kini menjadi Anggota Dewan, Bachtiar; pemuka agama dan masyarakat desa, serta Lead Field Relations & Community Enhancement Medco E&P Indonesia, Yulianto Pawit.

BACA JUGA:Inilah Antusias Warga Citra Grand City (CGC) Palembang di Perayaan HUT RI ke-79

BACA JUGA:Pengamanan Pilkada 2024, Polres Ogan Ilir Gelar Latihan Tactical Floor Game Demi Jaga Kamtibmas

Pondok Baca yang baru diresmikan ini bukan sekadar fasilitas literasi biasa, melainkan pusat kegiatan edukatif yang dirancang untuk memacu semangat belajar masyarakat, terutama para pelajar.

Dalam rangkaian peresmian, juga diselenggarakan Lomba Literasi Tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Orang Tua dengan tema "Hari Kemerdekaan" yang dilaksanakan pada 16-18 Agustus 2024 di Kantor Desa Mulyo Harjo.

Berbagai jenis lomba, termasuk lomba membaca cerita rakyat, mewarnai, membaca puisi, dan menggambar, diadakan untuk mengasah kemampuan literasi peserta.

Masyarakat dan anak-anak di Desa Mulyo Harjo menyambut kegiatan ini dengan antusias. Bachtiar, yang mewakili Kepala Desa, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada KKKS Medco E&P Indonesia, Medco Foundation, dan Rumah Zakat yang telah mewujudkan Pondok Baca untuk masyarakat dan anak-anak di desanya.


Anak-anak Desa Mulyo Harjo dengan antusias menikmati fasilitas Pojok Baca, inisiatif dari Medco E&P, yang hadir untuk menumbuhkan semangat literasi sejak dini.--

BACA JUGA:Kabar Gembira! Pemutihan Pajak Kendaraan di Samsat OKI Sampai Desember

BACA JUGA:Takut Diamuk Massa, Pria Asal Ogan Ilir Ini Berpura-pura Gila dan Berjoget Saat Tertangkap Basah Mencuri

"Terima kasih Medco, kami melihat antusiasme dari masyarakat dan anak-anak sangat tinggi sekali. Kita sadari mungkin 90% anak-anak kita telah diracuni oleh hape atau gadget setelah pulang dari sekolah. Dengan mengalihkan perhatian mereka untuk ke Pondok Baca, diharapkan menjadikan perkembangan positif mereka untuk menjadi lebih baik lagi," tegas Bachtiar.

Selain itu, Joice, juri dalam lomba literasi, menyatakan kegembiraannya melihat partisipasi aktif masyarakat dan anak-anak dalam lomba.

Kategori :