Personel Manggala Agni Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Lokasi Karhutla Desa Tanjung Sari II

Sabtu 17-08-2024,17:53 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pada pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun ini, patut diberikan semangat dan apresiasi kepada personel Manggala Agni Sumatera Daops XVII/OKI.

Pasalnya, para personel Manggala Agni melaksanakan upacara HUT RI di lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Tanjung Sari II, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu 17 Agustus 2024.

Pada upacara peringatan HUT RI ke-79 ini, di dalam lokasi hutan yang terjadi karhutla. Bendera merah putih tetap dikibarkan meskipun dalam hutan. 

Disampaikan Kepala Manggala Agni Sumatera Daops XVII/OKI, Edi Satriawan SP, pelaksanaan peringatan HUT RI tahun ini upacara nya di lokasi karhutla. Di Desa Tanjung Sari II, diikuti oleh sekitar 25 personel. 

BACA JUGA:Sudah 3 Hari Petugas Gabungan Padamkan Api Karhutla Seluas 10 Hektare di OKI, Polda Sumsel Pertebal Personel

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Cek Karhutla di Lempuing Jaya, Pertebal Personel BKO dan Brimob ke Lapangan

"Upacara HUT RI ke-79 tetap kita laksanakan meskipun di dalam hutan lokasi karhutla. Upacara dipimipin oleh Kepala Balai PPI wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto SHut MP," jelas Edi, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 17 Agustus 2024.

Diungkapkan Edi, personel Manggala Agni bersama dengan personel TNI, Polri dan anggota lainnya, sudah beberapa hari ini berada di lokasi karhutla Desa Tany Sari II. 

Dimana terjadi karhutla yang cukup luas. Sehingga pemadaman masih terus dilakukan. Jadi sejumlah personel masih stand by di lokasi. 

"Jadi hari ini di saat peringatan HUT RI ke-79, tim tetap melaksanakan upaya pemadaman di lokasi kebakaran Desa Tanjung Sari II sebagai bentuk implementasi dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan demi langit biru," terangnya. 

BACA JUGA:Dibantu Helikopter Water Bombing, Personel Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Lempuing Jaya OKI

BACA JUGA:Waspada, Kabut Asap Mulai Mengancam Kesehatan Akibat Karhutla, Indeks Kualitas Udara Naik Segini

Lanjutnya, jadi bertepatan dengan HUT RI ke-79 tetap melaksanakan peringatan dan upacara di dalam lokasi karhutla dengan segala keterbatasan. 

"Alhamdulillah, upacara HUT RI tadi berjalan lancar dan dimulai sekira pukul 09.45 WIB. Saat ini personel masih tetap melakukan pemadaman," bebernya.

Sambung Edi, meskipun upacara dalam hutan dan tetap menjalankan tugas. Tetapi upacara peringatan HUT RI berjalan dengan khidmad dan dengan penuh semangat. 

Kategori :