Pelindo: Kontributor Terbesar Pajak dari Klaster Logistik BUMN dengan Rp 5,6 Triliun pada Tahun 2023

Rabu 14-08-2024,12:16 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

JAKARTA, SUMEKS.CO - Sebanyak 20 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mencatatkan kontribusi pajak yang signifikan, dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menjadi penyumbang terbesar dari klaster logistik BUMN.

Pelindo menyetorkan pajak sebesar Rp 5,6 triliun kepada penerimaan negara, menjadikannya sebagai kontributor utama dari sektor logistik.

Capaian ini bukan hanya angka semata, melainkan bukti nyata dari dedikasi dan komitmen Pelindo dalam mendukung perekonomian nasional.

Kepatuhan terhadap kewajiban perpajakan yang ditunjukkan oleh perusahaan ini menjadi indikator bahwa Pelindo tidak hanya fokus pada kinerja finansial yang sehat, tetapi juga pada tanggung jawab sosialnya.

BACA JUGA:Dugaan Larangan Jilbab Paskibraka 2024, Begini Respon Keras Ketua MUI

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Kenali Perbedaan OPPO Reno12 dan Reno12 F Sebelum Beli

Kontribusi pajak sebesar Rp 5,6 triliun tersebut tidak hanya bermanfaat bagi pemerintah, tetapi juga berdampak langsung pada masyarakat melalui peningkatan pembangunan nasional.

Erick Thohir, Menteri BUMN RI, menyoroti bahwa transformasi yang terus dilakukan di tubuh BUMN telah membuahkan hasil positif, termasuk peningkatan produktivitas dan kinerja perusahaan.

"Alhamdulillah dengan kinerja yang terus meningkat, perusahaan BUMN bisa berkontribusi besar dari sisi Setoran Pajak Negara sebesar Rp 439 triliun pada 2023,"ujar Erick Thohir.

Capaian ini, lanjut Erick, tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak yang terlibat di BUMN, termasuk komisaris, direksi, dan seluruh karyawan.

BACA JUGA:18 Mortir & Proyektil Aktif yang Ditemukan Pencari Ikan di Ogan Ilir, Akhirnya Diledakkan

BACA JUGA:SELAMAT! 834 Santri Berprestasi Lolos Seleksi Beasiswa Dana Abadi Pesantren

"Terima kasih untuk kalian yang terus berjuang demi memberikan kontribusi besar kepada Indonesia," tambahnya.

Pernyataan Erick ini mencerminkan apresiasi terhadap dedikasi yang telah ditunjukkan oleh insan BUMN dalam menjaga kinerja perusahaan agar tetap optimal.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian ini.

Kategori :