Kunjungi Desa Margo Mulyo, Pj Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi Dorong Produk UP2K Desa Jadi Icon Daerah

Selasa 13-08-2024,07:26 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Melza Elen Setiadi melakukan kunjungan kerja ke desa Margo Mulyo, kecamatan Muara Padang, kabupaten Banyuasin, Senin 12 Agustus 2024.

Dalam kunjungannya kali ini untuk melihat secara langsung melaksanakan 10 Program PKK di daerah sekaligus sebagai evaluasi bagi TP PKK provinsi dan juga sebagai dasar dalam penentuan kebijakan, program dan kegiatan di masa mendatang.


Pj Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi dalam rangka kunjungan kerja ke desa Margo Mulyo untuk melihat 10 program PKK di daerah--

Potensi yang ada baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), apabila terus digerakkan dan dimanfaatkan secara positif dan maksimal, maka akan didapatkan hasil sesuai harapan. 

"Kita tahu, daerah ini adalah daerah yang UP2K  (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK-nya sudah berjalan dengan baik dengan memanfaatkan SDA yang ada," kata Melza Elen Setiadi.

BACA JUGA:Pj Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi Dorong PKK Ogan Ilir Berperan Aktif Dalam Pembangunan

BACA JUGA:Pj Ketua TP PKK Sumsel dan Ketua DWP Kemenko Perekonomian Salurkan Bantuan untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Dirinya juga mengatakan bahwa sebagian besar masyarakatnya ada yang membuat sirup dari olahan bunga rosella, keripik tahu pedas, jamu kunyit asem, peyek rebon dan susu kedelai yang dapat dikonsumsi oleh penduduk setempat maupun sebagai produk yang dapat dijual dan menambah penghasilan keluarga.

Dirinya juga berharap dengan adanya bimbingan dan pembinaan dari dinas/instansi terkait, produk UP2K yang sudah dihasilkan oleh masyarakat desa ini mampu menembus pasar yang lebih luas, dan menjadi icon daerah ini.

“Tak hanya itu, dari berbagai masalah yang dihadapi, pemerintah mengharapkan semua pihak ikut peduli serta melakukan Gerakan yang arahnya adalah kesejahteraan keluarga,” imbuhnya.

Dikatakan, PKK sebagai Gerakan kemasyarakatan, diharapkan mengambil peran dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Tingkatkan UMKM Perempuan! Pj Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi Buka Sosialisasi KUR

BACA JUGA:Dilantik jadi Pj Ketua TP PKK Sumsel, Mendagri Berharap Melza Ayu Rahminia Siapkan Program Kerja Tahun 2025

Hal ini merupakan amanat penting dari Permendagri No 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK.

“Gerakan PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat,” tegasnya.

Kategori :