Menurut Google, Perusahaan yang Gunakan AI Generatif Lebih Unggul

Minggu 11-08-2024,15:41 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif kini tengah menarik perhatian di berbagai sektor.

Dengan kemampuannya untuk menghasilkan konten secara otomatis, mulai dari teks, gambar, audio, hingga data sintetis, AI generatif menawarkan potensi besar bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi.

Sejumlah perusahaan kini berlomba-lomba untuk mengadopsi teknologi ini, dan laporan terbaru dari Google Cloud serta National Research Group menunjukkan bahwa investasi dalam AI generatif memberikan dampak positif yang signifikan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Google Cloud, sebanyak 2.508 pemimpin senior perusahaan global dengan pendapatan minimal 10 juta dolar AS (sekitar Rp 159,2 miliar) turut dilibatkan.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Terapkan Dapur Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Hidup di Lapas dan Rutan

BACA JUGA:Heboh! Paslon Foto Bareng di Puskesmas dan Camat Dampingi Paslon dalam Bantuan Korban Kebakaran

Survei ini berlangsung dari 23 Februari hingga 5 April 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa 61 persen dari responden—sekitar 1.529 perusahaan—telah mengimplementasikan AI generatif dalam setidaknya satu aplikasi.

Dari jumlah tersebut, sekitar 74 persen atau 1.132 perusahaan melaporkan bahwa mereka memperoleh keuntungan dari adopsi teknologi ini selama setahun terakhir.

Dalam laporan tersebut, Oliver Park, Wakil Presiden Google Cloud, mengungkapkan, riset kami menunjukkan bahwa pengadopsi awal AI generatif menuai hasil yang signifikan, mulai dari peningkatan pendapatan hingga layanan pelanggan yang lebih baik serta produktivitas yang meningkat.


AI generatif menawarkan potensi besar bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi.-istockphoto.com-

Tercatat, sebanyak 86 persen dari 1.132 perusahaan melaporkan bahwa pendapatan mereka meningkat sebesar 6 persen atau lebih setelah menggunakan AI generatif.

BACA JUGA:Heboh! Paslon Foto Bareng di Puskesmas dan Camat Dampingi Paslon dalam Bantuan Korban Kebakaran

BACA JUGA:Spesifikasi Vivo Y20s Bawa Kapasitas RAM dan Memori Internal Besar dibalut Fitur Eye Protection

Selain peningkatan pendapatan, adopsi AI generatif juga berkontribusi pada peningkatan produktivitas perusahaan.

Berdasarkan laporan tersebut, produktivitas perusahaan meningkat sebesar 45 persen. Peningkatan ini terutama berasal dari efisiensi dalam proses TI dan produktivitas staf, meskipun laporan Google tidak menyebutkan secara rinci jenis proses TI yang dimaksud.

Kategori :