Tol IKN Beroperasi Jelang HUT RI ke-79, Akses Ibu Kota Nusantara Semakin Mudah

Sabtu 10-08-2024,21:36 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun ini semakin dekat. Yakni dilaksanakan 17 Agustus 2024 mendatang. 

Pemerintah telah melaksanakan persiapan untuk mendukung pelaksanaan peringatan HUT RI ke-79 khususnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) atau Nusantarakita. 

Rupanya, pendukung dalam dalam peringatan HUT RI di IKN yaitu berupa ruas jalan tol di IKN atau Nusantarakita juga mulai difungsikan secara fungsional, pada Sabtu 10 Agustus 2024.

Mendekati HUT RI, sejumlah ruas tol di Nusantarakita telah dibuka secara fungsional. Dimana untuk ruas Tol IKN yang dimaksud yakni Segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer. 

BACA JUGA:Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Menuju IKN Jelang HUT RI ke-79, Warganet: Rakyat Lapar Pak

BACA JUGA:Mau Ikut Upacara HUT RI di IKN dan Jakarta, Ini Syaratnya!

Lalu juga termasuk Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,33 kilometer.

Kemudian terakhir Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,8 kilometer.

Terkait hal ini dilakukan oleh pemerintah menjelang upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI yang digelar di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN atau Nusantarakita, pada 17 Agustus 2024.

"Jadi mulai Sabtu, 10 Agustus 2024 sudah bisa dipakai, fungsional. Masuknya dari Karangjoang langsung arah Kariangau, itu keluar," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, dikutip berbagai sumber. 

BACA JUGA:Pakai Pawang Usir Hujan di IKN untuk Kebut Pembangunan dan HUT RI ke-79, Malah Dicibir Warganet

BACA JUGA:Momentum Bersejarah! Meriahkan HUT RI ke-79, Paskibraka Mulai Berangkat ke IKN, Kibarkan Sang Saka Merah Putih

Lalu, dijelaskannya, untuk pengoperasian secara fungsional ruas Tol IKN akan diberlakukan 24 jam penuh mulai dari Sabtu, 10 Agustus 2024 sampai dengan Minggu, 18 Agustus 2024.

Menurut Danis, proses kirab duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan hingga Istana Garuda di KIPP IKN pada Sabtu, 10 Agustus 20024 akan melintasi ruas Tol IKN tersebut.

"Untuk kirab (duplikat bendera pusaka) akan lewat sana," ucapnya. 

Kategori :