Sukses Besar! OKI Raih Penghargaan UHC, 97 Persen Warga Nikmati Jaminan Kesehatan

Jumat 09-08-2024,13:14 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi dianugerahi penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award. 

Pasalnya Pemerintah Kabupaten OKI berkomitmen kuat memberikan jaminan kesehatan secara luas bagi warganya. 

Penghargaan tersebut diraih, lantaran lebih dari 97.93 persen atau 763.773 jiwa dari 779.894 penduduk Kabupaten OKI sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Piala penghargaan UHC diterima secara langsung oleh Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Krakatau Grand Ballroom TMII - Jakarta Timur, Kamis, 8 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kinerja Apik, Pj Bupati OKI Dapat Apresiasi Tingkat Pusat

BACA JUGA:Penghargaan Bergengsi 'Lencana Bakti Inovasi Desa' dari Kemendes Diraih Pj Bupati OKI

Asmar menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab OKI untum mendukung program JKN KIS dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. Juga serta dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat tanpa adanya hambatan finansial. 

"Menjadi pemicu semangat bagi seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pada aspek kesehatan melalui JKN" terangnya.

Lanjutnya, tercapainya jaminan kesehatan semesta bagi warga OKI adalah berkat dukungan DPRD, OPD dan entitas terkait lainnya.

"Pencapaian UHC ini juga diiringi dengan peningkatan kualitas layanan seperti ketersediaan sarana, prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) fasilitas kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta. Agar masyarakat kian merasakan layanan JK-KIS," bebernya.

BACA JUGA:Penghargaan Bergengsi 'Lencana Bakti Inovasi Desa' Diraih oleh Pj Bupati OKI dari Kemendes

BACA JUGA: Pj Bupati OKI Ajak Masyarakat Sambut Petugas Coklit untuk Sukseskan Pilkada 2024

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI, H Iwan Setiawan SKM MKes, menyebutkan, berdasar data BPJS Kesehatan OKI, tercatat per tanggal 1 Agustus 2024, Capaian UHC di Kabupaten OKI sebanyak 97.93 persen. 

"Jadi artinya, Kabupaten OKI telah melampaui target UHC yang ditetapkan sebesar 95 persen. Ini menjadi momen kami untuk terus berkomitmen meningkatkan kepedulian untuk menjamin kesehatan masyarakat," ucap Iwan.

Kadinkes, juga bertekad untuk meningkatkan sejumlah fasilitas untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Kategori :