Program BAAS Berkontribusi Turunkan Angka Stunting di OKI

Jumat 09-08-2024,09:27 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah terus melakukan upaya dalam percepatan penurunan angka stunting. Yakni selain intervensi percepatan penanganan stunting terintegrasi. 

Pemerintah juga melaksanakan program inovasi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) yang dicanangkan Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi. 

Dimana program ini juga berkontribusi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Rupanya, sudah tercatat pada Februari 2023 jumlah anak penderita stunting di Kabupaten ini sebanyak 293 orang. Lalu setelah dilakukan monitoring serta evaluasi pada Juni lalu menyisakan 81 orang, 11 sudah diatas 5 tahun 70 lainnya berusia balita.

BACA JUGA:Kepala BKKBN RI Kukuhkan Elen Setiadi Bersama Melza Sebagai Duta Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting Sumsel

BACA JUGA: Prestasi Membanggakan! Angka Stunting di OKU Timur Turun 9,8 Persen

“Program BAAS sampai sekarang masih berlangsung. Program ini langsung melibatkan Pj Bupati, OPD unsur Forkopimda, dan BUMD,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) OKI Saparuddin pada rakor Capaian Indikator TPPS dalam percepatan penurunan stunting. Kamis, 8 Agustus 2024.

Lanjutnya, jadi melalui program ini, setiap bulan para bapak asuh ini memberikan bantuan makanan tambahan bergizi kepada anak penderita stunting. 

“Bahan makanan tambahan berupa protein hewani, sayur-sayuran, serta beras. Setiap minggu kita salurkan,” jelasnya. 

Pj Bupati OKI Ir Asmar Wijaya MSi yang diwakili oleh Pj Sekda OKI Muhammad Refly mengajak semua stake holder beserta mitra kerja lainnya agar tetap memberikan dukungan dan komitmennya membantu menyukseskan program percepatan penurunan stunting Kabupaten OKI.

BACA JUGA:Turunkan Stunting, Pengantin Baru dan Catin di OKI Diberi Pendampingan

BACA JUGA:Selain Berjanji Tuntaskan Kemiskinan Ucok Abdul Rauf Juga Prioritaskan Inflasi dan Turunkan Angka Stunting

Yaitu melalui Program Canting Kencana (Cegah Stunting Tingkatkan Kualitas Keluarga Berencana).

"Kegiatan Program Canting Kencana salah satunya meingkatkan kegiatan pendampingan calon pengantin, pendataan, imunisasi calon pengantin dan elsimile dilaporkan ke capil sebagai keluarga baru yang terus diadakan pendampingan dari proses pernikahan, kehamilan, melahirkan dan pola asuh anak serta pemilihan cara berkb," terang Refly. 

Disampaikan Refly, sesuai dengan instruksi wapres pada rapat rakernas bangga kencana dan pps 2024, pada tanggal 25 april 2024 di Jakarta, bahwa terus melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program dan fokus kepada pendekatan pencegahan stunting.

Kategori :