Polrestabes Palembang Miliki Command Center untuk Pantau Kepadatan Lalulintas dari 11 Titik CCTV

Kamis 08-08-2024,09:45 WIB
Reporter : Deni Kurniawan
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Satlantas Polrestabes Palembang bersama Korlantas Mabes Polri melakukan uji coba di ruangan command center terhadap 11 CCTV yang baru terpasang di sejumlah titik ruas jalanan Kota Palembang, Rabu 8 Agustus 2024.

Dipimpin langsung Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono ruangan command center mulai melakukan monitoring pemantauan arus lalulintas di jalanan Kota Palembang.

"Hari ini kita menerima serahan dari Korlantas berupa fasilitas alat command center yang notabene  empat kamera monitoring, empat kamera analitik dan tiga kamera Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE, sebagai penunjang kinerja jajaran Satlantas Polrestabes Palembang," ujar Kapolrestabes.

Sementara, Kasat Lantas AKBP Yenny mengatakan ruangan command center ini terhubung dengan 11 kamera CCTV yang telah terpasang sebagai penunjang pemantauan kepadatan arus lalulintas di Palembang.

BACA JUGA:Polda Sumsel Miliki Mobile Command Center dan Mulmed Monitoring, Ini Kegunaannya

BACA JUGA:Arus Jalan Tol Palembang-Lampung dan Sebaliknya Terpantau Lancar di Command Center Polda Sumsel

"Sebanyak 11 CCTV tersebut diantaranya berada di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya seputaran Pasar Cinde, di Jalan Residen Abdul Rozak tepatnya depan SMA Kusuma Bangsa (Kumbang), di Jalan Musi II, di Jalan Tanjung Api-Api dan lain sebagainya," katanya.

"11 titik kamera terpasang meliputi empat kamera monitoring, empat kamera analitik dan tiga kamera Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE," tambahnya.


Satlantas Polrestabes Palembang melakukan uji coba di ruangan command center terhadap 11 CCTV yang baru terpasang di sejumlah titik ruas jalanan Kota Palembang.-Foto: Deni Kurniawan/sumeks.co-

Menurutnya, kamera monitoring 11 CCTV tersebut berfungsi memantau kemacetan yang terjadi, kamera analitik untuk melihat kecepatan kendaraan maupun jumlahnya dan kamera ETLE untuk menindak pengendara yang melanggar.

Selain itu, diterangkannya, command center ini merupakan pusat informasi mengenai lalu lintas yang ada di wilayah Palembang. Dia berharap adanya command center tersebut, informasi yang diterima pihaknya lebih cepat.

BACA JUGA:Mobil Command Center Polda Sumatera Selatan Ikut Turun Amankan Dzikir Akbar dan Haul Ki Marogan

BACA JUGA:Pantauan Command Center: Arus Mudik di Jalan Tol dari Palembang hingga Probolinggo Lancar

"Sehingga penanganan terhadap adanya kemacetan maupun lainnya yang juga akan lebih maksimal. Sehingga dengan adanya Command Center, kita dapat monitor arus lalu lintas. Ada 6 personel disiapkan di Command Center, dan dua personel untuk pengendali," ujarnya.

"Sudah 95 persen persiapannya dan ada hari ini kita uji coba, alhamdulillah tak ada kendala teknis yang signifikan, semuanya lancar dan berfungsi sebagaimana mestinya," tutupnya.

Kategori :