Karhutla di Kabupaten Ogan Ilir, 87 Hektare Lebih Lahan Sudah Terbakar, Pekan Pertama Agustus Capai 41 Kali

Rabu 07-08-2024,07:56 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Hetty

Adapun peralatan yang dipersiapkan pemadam kebakaran, termasuk mobil AWC Polres Ogan Ilir, mobil double cabin patroli Samapta Polres Ogan Ilir.

Lalu, pompa air jenis FGP 30 F beserta selang, gepyok, jet water shooter, mobil Damkar PBK Kabupaten Ogan Ilir, mobil patroli Polsek Indralaya, dan unit R6 HK Tangki yang ditempatkan di Rest Area Km 20.

Peralatan dari Polda Sumsel yang turut diperiksa, mencakup mesin utama, mesin jinjing, mesin portable, mesin apung, mesin gendong, selang, nozel, dan tangki berkapasitas 2.500 liter.

Penempatan mobil tangki di Rest Area Km 20, bertujuan untuk merespon cepat jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di sepanjang Jalan Tol Palembang-Indralaya. 

BACA JUGA:Pencegahan Karhutla di OKI Ditingkatkan, Pangdam II/Sriwijaya Kunjungi Sungai Ceper

BACA JUGA:Antisipasi Musim Kemarau: Tiga Posko Terpadu Karhutla Didirikan untuk Pengendalian Kebakaran Hutan

Akses jalan tol tersebut sangat dekat dengan lahan gambut yang dapat menimbulkan asap tebal dan mengganggu jarak pandang pengendara.

Kapolres juga meninjau kesiapan personel yang bertugas di posko tersebut. Terdiri dari delapan personel Polda Sumsel, 10 personel Polres Ogan Ilir, tiga personel Polsek Indralaya, serta personel dari TNI, BPBD Kabupaten Ogan Ilir, dan Damkar Kabupaten Ogan Ilir.


Upaya pemadaman Karhutla di Kabupaten Ogan Ilir oleh petugas. --

Kapolres Ogan Ilir, menyampaikan apresiasinya atas sinergi antara Polres Ogan Ilir, Polsek Indralaya, Polda Sumsel, BPBD Ogan Ilir, TNI, dan Damkar Ogan Ilir dalam penanganan Karhutla. 

Kapolres Ogan Ilir juga menambahkan, bahwa dengan adanya penempatan dan penugasan Bintara remaja dari Polda Sumsel, yang telah memiliki kemampuan khusus dalam penanganan Karhutla, diharapkan apabila terjadi kebakaran akan dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Serap Aspirasi Cipayung Plus Soal Karhutla dan Illegal Drilling di Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla 2024

"Dan yang paling terpenting adalah tanpa membahayakan kesehatan dan keselamatan personel," lanjutnya. 

Kapolres Ogan Ilir berharap, kesiapan yang ditunjukkan oleh personel dan peralatan ini, dapat meningkatkan efektivitas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Ogan Ilir.

Dengan didirikannya posko dan tim terpadu penanganan Karhutla ini, diharapkan kesiapan maksimal dalam menghadapi potensi Karhutla dapat terjaga.

Kategori :