Siaga Penuh Panwascam PALI: Pengawasan Ekstra untuk Pilkada Serentak yang Sukses

Minggu 23-06-2024,15:44 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALI, SUMEKS.CO - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Bawaslu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menekankan pentingnya pengawasan ekstra oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Komisioner Bawaslu PALI, Fardinan SKom, dari Divisi Penanganan Pelanggaran, bersama Sekretaris Komisioner Adi Kurniawan, menyampaikan hal ini pada hari Minggu 23 Juni 2024.

Fardinan menegaskan bahwa Panwascam berperan vital sebagai garda terdepan dalam mencegah kecurangan dan pelanggaran di setiap tahapan Pilkada.

Ia mengimbau anggota Panwascam agar tidak meninggalkan tugas tanpa alasan yang jelas selama tahapan Pilkada berlangsung.

BACA JUGA:Rakernis Strategis: Bawaslu PALI Tingkatkan Kesiapan Pengawasan Jelang Pilkada Serentak

BACA JUGA:Peluncuran Posko Kawal Hak Pilih oleh Bawaslu PALI dalam Pilkada 2024

"Jika ada alasan yang bisa dipertanggungjawabkan dan telah disampaikan melalui surat tertulis, anggota boleh meninggalkan tugas. Namun, jika ada masalah akibat peninggalan tugas tanpa kejelasan, kami tidak akan segan mengambil tindakan tegas," ujar Fardinan.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Panwascam harus memandu Pengawas Kelurahan Desa (PKD) untuk bekerja secara disiplin dan sesuai dengan aturan.

"Pengawasan harus dilakukan secara intensif dari tingkat bawah agar efektif," kata Fardinan, menegaskan pentingnya pengawasan yang maksimal.

Salah satu hal krusial yang ditekankan oleh Fardinan adalah pentingnya menjaga netralitas.

BACA JUGA:Tunggu Penumpang di Kawasan Monpera Palembang, Kepala Sopir Angkot Dibenturkan Pemalak hingga Pecah

BACA JUGA:Spesifikasi Realme GT Neo6 SE Hadir dengan Kapasitas Baterai Besar dan Fitur Pengisian Cepat SuperVOOC

"Anggota Panwascam harus menjaga netralitas dan tidak boleh menunjukkan keberpihakan kepada kandidat manapun," tegasnya.

Pada akhir pembicaraannya, Fardinan mengajak semua anggota Panwascam untuk menjadi pahlawan demokrasi.

"Jadilah pahlawan demokrasi, jaga komitmen kita sebagai panitia pengawas dan sukseskan Pilkada ini, tidak hanya untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tetapi juga untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PALI periode 2024-2029," pungkasnya dengan semangat.(*)

Kategori :