Hadiri Puncak HAN 2024, Pj Gubernur Elen Setiadi Tingkatkan Pemenuhan Hak-Hak Anak di Sumsel

Senin 05-08-2024,09:50 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi didampingi Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi menghadiri kegiatan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Sumsel di Pendopo Griya Agung Palembang, Minggu 4 Agustus 2024 pagi. 

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Elen Setiadi mengatakan momen perayaan peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum yang penting, strategis dan monumental.

Hal ini tentu penting dalam upaya meningkatkan pemenuhan atas hak-hak anak khususnya di Sumatera Selatan, serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. 


Pj Gubernur Elen Setiadi didampingi Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi menghadiri kegiatan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024--

Menurut Elen, anak merupakan individu yang unik dan penuh dengan potensi. Untuk itu semua harus memastikan terpenuhinya hak-hak anak.

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Harapkan Dekranasda Sumsel Tampilkan Kerajinan Terbaik Pada Kriya Nusa 2024

BACA JUGA:Pimpin High Level Meeting and Capacity Building TPID, Pj Gubernur Elen Setiadi Tekankan 3 Poin Penting

Sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, ada 31 hak anak yang melekat dan menjadi tanggung jawab seluruh urusan pemerintahan antara lain hak untuk bermain, berkreasi dan berpartisipasi, hak untuk mendapatkan nama dan identitas, hak untuk mendapatkan kewarganegaraan, hak untuk mendapatkan Pendidikan, hak untuk mendapatkan jaminan Kesehatan, hak untuk mendapatkan standar hidup yang layak dan Hak untuk mendapat perlindungan dari tindakan sewenang-wenang. 

Lebih jauh Elen mengatakan di era globalisasi menghantarkan tatanan kehidupan baru, tentu dengan berbagai implikasi.

Banyak manfaat positif yang bisa diperoleh meskipun dalam beberapa hal juga membawa dampak negatif bagi generasi muda.

Semua menurutnya harus mengupayakan agar anak-anak menjadi insan yang religius, memiliki semangat kebangsaan cinta tanah air, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, memiliki kepedulian sosial, bertanggung jawab, memiliki daya saing serta berintegritas. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Dorong BPJS Ketenagakerjaan Fokus Berikan Jaminan Perlindungan Bagi Pekerja

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi: Inflasi Sumsel Masih Terkendali di Juli 2024

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memberikan penghargaan menuju Kecamatan Layak Anak (Kelana) kepada 17 Kecamatan dari Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yang telah berupaya dalam melaksanakan pemenuhan hak dan perlindungan anak di wilayahnya masing-masing. 

Untuk itu kami mengharapkan komitmen dan dukungan dari seluruh Kepala Daerah dan pihak terkait untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dan Provinsi Layak Anak (Provila) di Sumatera Selatan. 

Kategori :