Siapa Pendesain Istana Garuda di IKN Tempat Presiden Jokowi Berkantor!

Senin 05-08-2024,10:03 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Lalu, setelah ia lulus SMA, Nyoman Nuarta menempuh Pendidikan di ITB tahun 1972 dengan awalnya beliau memilih jurusan seni lukis. 

BACA JUGA:Promo Spesial Sewa Mobil di IKN, Sambut HUT RI ke-79 dengan Harga Terbaik!

BACA JUGA:Bandara VVIP di IKN Tidak Digunakan HUT RI ke-79, Kenapa!

Namun setelah menjalani satu tahun perkuliahan, Nyoman pindah ke jurusan seni patung. Bagai Nyoman seni patung lebih unik. 

Yakni, dapat menghasilkan karya tiga dimensi serta proses pengerjaannya yang lebih menarik dan dinamis.

Barulah, pada tahun 1979, beliau mulai memperlihatkan prestasinya saat memenangkan Lomba Patung Proklamator Republik Indonesia. Lalu, kini, Nyoman Nuarta sudah menghasilkan lebih dari seratus karya seni patung dan hampir seluruh karyanya menggambarkan seni patung modern sampai gaya naturalistik. 

Rupanya sang maestro patung Indonesia ini telah menciptakan sejumlah karya monumental yang menjadi ikon bangsa. Salah satu karya awalnya adalah monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya yang menggambarkan semangat juang TNI Angkatan Laut. 

BACA JUGA:Pembangunan IKN Disebut Hanya Buang Anggaran, Dokter Tifa: Proyek Nggak Jelas & Penuh Kebohongan Jokowi

BACA JUGA:Emak-emak Tebar Buku Sekolah Di Depan Balai Kota Samarinda, Buku Tak Bisa Dipakai Adiknya Tak Bisa Pula Dijual

Selain itu, karyanya yang paling terkenal adalah patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali yang merupakan pengimplementasian konsep culturepreneur dan pendekatan dalam bahasa bentuk realis-figuratif pada pengembangan GWK.

Beliau kini kembali berkarya dan dipercaya untuk mendesain Istana Garuda di IKN. Dimana hasilnya juga sudah terlihat. 

Diberitakan sebelumnya, pada hari pertama ngantor di IKN, rupanya jadwal presiden Jokowi adalah menerima kunjungan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur. 

Disampaikan, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, Jokowi juga akan menggelar rapat terbatas dengan Otorita IKN didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA:Hotel Bintang 5 Pertama di IKN Resmi Beroperasi 17 Agustus, Ini Fasilitasnya!

BACA JUGA:Intip Ruangan Kerja Jokowi Ngantor di IKN, Ada Apa Saja!

Selain itu, kata dia, presiden juga akan rapat dengan jajaran OIKN didampingi Mensesneg dan Menteri PUPR. 

Kategori :