Bangga! Bocah Desa Asal OKI Juarai Kompetisi Matematika Tingkat Internasional

Jumat 02-08-2024,16:32 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat berbangga, pasalnya Yidha Firmanta Elhuda atau akrab disapa Yidha berhasil mencetak prestasi dunia. 

Dimana siswa SMP Plus Literasi Pedamaran Timur Kabupaten OKI Sumsel ini berhasil memenangkan medali perak pada kompetisi International Mathematics Contest Singapore (IMCS) 2024 yang diselenggarakan oleh IMC Union di Singapura pada 26-29 Juli 2024 lalu.

Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi saat menyambut Yidha dan orang tuanya merasa bangga atas prestasi yang diraih Yidha. 

Pj Bupati OKI, menuturkan, sosok Yidha tidak hanya membanggakan Kabupaten OKI tetapi juga Indonesia. Yidha berhasil meraih posisi kedua dari ratusan peserta dari 70 negara.

BACA JUGA:Apresiasi Karya dan Prestasi Pegiat Industri Kreatif Digital, Ini Daftar Peraih Telkomsel Awards 2024

BACA JUGA:Upaya Perdamaian Gugatan Wanprestasi Gagal, Kadis Perikanan Muara Enim Bakal Dilaporkan ke Mendagri

"Saya bangga dan terharu anak kita yang berasal dari desa tidak kalah prestasi nya dengan siswa-siswa yang bersekolah di kota," ujar Asmar, di ruang kerjanya, Jum'at, 2 Agustus 2024.

Disampaikan Pj Bupati OKI, prestasi Yidha ini adalah berkah untuk orang tua serta contoh bagi siswa lain. Maka oleh karena itu, ia berpesan kepada Yidha untuk tetap rendah hati serta tidak berpuas diri. 

"Tetap rendah hati, berbakti kepada orang tua dan guru serta terus belajar untuk menggapai cita-cita," pesan Asmar. 

Rupanya, sekolah Yidha adalah sekolah Binaan Sampoerna Agro. Dimana Yidha Firmanta Elhuda merupakan siswa SMP Plus Literasi Desa Gading Raja Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir yang menjadi sekolah binaan PT Sampoerna Agro dibawah Yayasan Literasi Petir Indonesia. 

BACA JUGA: Mencetak Sejumlah Prestasi Gemilang, Kapolda Sumsel Sabet Penghargaan Bergengsi di Ajang CNN Award 2024

BACA JUGA: Prestasi Membanggakan! Angka Stunting di OKU Timur Turun 9,8 Persen

Kepala SMP Plus Literasi, Adi Saputro menuturkan, Pada gelaran IMCS tahun ini Yidha bersaing dengan siswa-siswi terpilih yang berasal dari Singapura, India, Filipina, Cina, Hongkong, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Macau, Vietnam, Iran, Myanmar serta Australia.

"Ada 44 orang siswa dari berbagai sekolah di Indonesia. Yidha asal Kabupaten OKI satu-satunya mewakili pulau Sumatera," terang Adi.

Diceritakannya sebelum diberangkatkan ke Singapura, Yidha menyingkirkan ribuan peserta lainnya asal Indonesia untuk diberangkatkan ke Singapura.

Kategori :