Peringati HLHS 2024, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Kampanyekan Pentingnya Kelestarian Lingkungan Hidup

Kamis 01-08-2024,09:27 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, SH, MSE memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan penggiat di bidang Lingkungan Hidup.

Hal ini dilakukannya dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2024 yang dipusatkan di  Venue Kebon Gede Palembang, Rabu 31 Juli 2024.

"Saya memberikan apresiasi kepada yang  menerima penghargaan, tapi yang lebih penting adalah tetap semangat untuk menjaga lingkungan," ucapnya saat mengawali sambutan. Lebih lanjut menurutnya HLHS diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 5 Juni untuk Tahun 2024 mengambil tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. 


Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan penggiat di bidang Lingkungan Hidup--

BACA JUGA:Fortuner yang Terjun ke Sungai Lubai Muara Enim Ternyata Rombongan Walpri Pj Gubernur Sumsel

BACA JUGA:Hari Jadi Kabupaten OKU ke-114, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Apresiasi Kemiskinan Ekstrem Turun Signifikan

Dirinya  menilai tema tersebut sangat cocok dengan kondisi saat ini yang fokus pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. 

"Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat  sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim," ungkapnya.

Elen Setiadi menilai pemulihan dari degradasi lahan sangat penting dilakukan karena menjadi ruang hidup manusia, sebagai penyedia makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian. 

Oleh karena itu, perlu ditingkatkan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan. 

BACA JUGA:Bawa Keranda Mayat, Suporter Klub Kebanggaan Wong Kito Ketuk Kepedulian Pj Gubernur Soal Nasib SFC

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Terima Penghargaan Bapanas Award dari Badan Pangan Nasional

“Pemulihan berkaitan langsung dengan penyelesaian krisis iklim. Dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi dan prinsip keadilan memegang peran penting. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Walikota se-Sumsel karena sudah banyak upaya yang dilakukan serta stakeholder terkait dalam penanggulangan dan pencegahan krisis iklim di wilayah masing-masing,"  tambahnya.

Elen mengajak seluruh  masyarakat Sumsel untuk terus menggalakkan menjaga lingkungan, mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif agar tercipta lingkungan sehat.

"Mari kita hidupkan kembali dan tanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju Provinsi Sumsel yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik," uangkapnya.

Kategori :