Apakah Teknologi Fast Charging 300W Diperlukan? Padahal Samsung Hanya Cukup dengan 45W

Selasa 30-07-2024,16:39 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

Sulit untuk mengatakan berapa banyak kapasitas yang dikorbankan perusahaan telepon dengan menggunakan baterai pengisian cepat, karena data teknis semacam itu tidak tersedia untuk umum.

BACA JUGA:Update Harga Infinix Note 12 VIP Punya Fitur Fast Charging HyperCharge 120W dan Keunggulan Fotografi

BACA JUGA:Infinix Note 12 VIP Ponsel Flagship Bodi Aerospace Grade Class Fiber dan Fast Charging HyperCharge 120W

Namun, spesifikasi resmi untuk Realme GT5 yang disebutkan di atas, yang hadir dalam dua varian: model standar dengan pengisian daya 150W dan baterai 5.240mAh akan terisi penuh dalam 20 menit.

Lalu ada model yang lebih canggih dengan pengisian daya 240W dan baterai 4.600mAh yang membutuhkan waktu 12 menit untuk terisi penuh. 

Dengan kata lain, Realme memangkas waktu pengisian daya selama 8 menit dengan mengorbankan 12% kapasitas baterai. Layakkah? Tentu saja ini tidak layak.

Berbicara tentang pengurangan menit, semakin cepat ponsel terisi daya, semakin sedikit manfaat yang didapat. 

BACA JUGA:Mencari HP Rp1 Jutaan? Realme C63 Bisa Menjadi Jawaban Didukung Fast Charging 45 Watt, Sudah Rilis di Indonesia

BACA JUGA:Review HP Oppo K12x: Baterai Jumbo 5.500 mAh, Dibekali Fast Charging SuperVOOC 80 watt

Memang, ini bisa jadi agak subjektif, karena mudah untuk menilai penurunan dari dua jam menjadi satu jam untuk pengisian daya penuh. 

Lonjakan dari satu jam menjadi 30 menit? Tidak terlalu banyak; mengurangi setengahnya menjadi 15 menit bahkan tidak terlalu signifikan.

Pada saat yang sama, semakin banyak daya yang Pengguna coba masukkan ke dalam baterai ponsel, semakin rumit pula sistem pengisian dayanya. 

Lebih banyak perhatian harus diberikan pada keselamatan, pembuangan panas, dan pengaturan daya. Misalnya, sistem pengisian daya 260W yang disebutkan sebelumnya oleh Infinix mencakup lebih dari 140 mekanisme perlindungan dan lebih dari 20 sensor suhu, menurut pembuatnya.

BACA JUGA:Cek Keunggulan dan Kekurangan Realme GT Neo 3 yang Dibekali Fast Charging 150 W serta Kamera Utama 50 MP

BACA JUGA:Realme GT Neo 3 Keunggulan Fast Charging 150 W dan Layar Berkualitas dengan Refresh 120 Hz

Pada saat itu, apakah itu telepon atau baterai portabel yang juga mengambil gambar dan membuat panggilan?

Kategori :