IKN Memulai Era Baru: Presiden Jokowi Lakukan Ngantor Perdana, Ini Agendanya!

Senin 29-07-2024,20:20 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

"Bapak presiden juga bakal mengecek kesiapan tempat Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI juga menjadi salah satu hal yang tidak akan luput dari tinjauan Presiden esok hari," terangnya. 

BACA JUGA:Wajah Baru Indonesia di HUT RI ke-79: Intip Kemegahan Infrastruktur IKN!

BACA JUGA:Mantap! Pengerjaan Pembangunan IKN Libatkan Ribuan Pekerja Konstruksi

Lanjutnya, mengenai Pembangunan Sumbu Kebangsaan atau Plaza Seremoni tahap I sudah mencapai 100 persen. Sehingga siap digunakan untuk Upacara 17 Agustus 2024.

Selain Ibu Negara, Presiden akan didampingi Menteri PUPR sekaligus Plt Ketua Otorita IKN (OIKN), Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua OIKN, Raja Juli Antoni, serta beberapa pejabat negara lainnya. 

Diberitakan sebelumnya, di IKN untuk pembangunan pelataran (apron) dan landasan pacu (runway) pesawat di Bandara VVIP IKN pada awal Agustus 2024 rampung. Sehingga bisa difungsikan. 

Apalagi menjelang Hari Kemerdekaan HUT RI ke-79 persiapannya sudah dimulai.

BACA JUGA:Merdeka di Bumi Nusantara: Upacara HUT RI Pertama di IKN

BACA JUGA:Transformasi Nusantara: IKN Lahirkan Peta Geostrategi Baru

Mengenai kesiapan bandara VVIP IKN rampung di awal Agustus 2024 ini merupakan target dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Pada 4 Agustus 2024 ini kami diminta untuk menyelesaikan apron dengan luas 180 x9 0 meter," kata Direktur Jenderal Bina Marga Rachman Arief di Penajam Paser Utara, dikutip berbagai sumber. 

Dia menjelaskan, untuk fasilitas apron yang telah masuk dalam proses perencanaan saat ini berjumlah tiga titik yang berfungsi sebagai pendaratan helikopter atau helipad bagi keperluan tamu penting.

Lalu, untuk runway, sambungnya, direncanakan rampung sampai dengan akhir Agustus 2024 sepanjang 2.200 meter dengan luas 3.000 m2.

BACA JUGA:Ribuan Tamu Siap Hadiri Perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Pengamanan Diperketat!

BACA JUGA:Galaxy S23 FE Versus Galaxy A54, Sebaiknya Smartphone Mana yang Dipilih Customer?

Lanjut dia, selain fasilitas apron dan runway, Kementerian PUPR juga perlu memfasilitasi akses jalan dari Bandara VVIP menuju akses jalan provinsi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kategori :