Mantap! Pengerjaan Pembangunan IKN Libatkan Ribuan Pekerja Konstruksi

Minggu 28-07-2024,05:46 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Yakni antara lain membangun Gedung Perkantoran, Rusun ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), Jalan dan Jembatan, Bendungan, Embung, Tempat Pembuangan Akhir (TPA),

Termasuk juga Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), Instalasi Pengolahan Air (IPA), dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Penyediaan infrastruktur ini untuk memastikan terwujudnya ekosistem bekerja, bermukim, serta beraktivitas dalam lingkup ekonomi dan sosial di IKN. 

BACA JUGA:12 Tower Apartemen ASN di IKN Rampung, Siap Huni Juli 2024!

BACA JUGA:Langkah Nyata Membangun IKN: Para Menteri Mulai Berkantor di Ibu Kota Baru!

Dimana untuk infrastruktur dasar tersebut juga diarahkan untuk memberikan layanan terhadap Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang menjadi cikal bakal dalam mendorong transformasi ekonomi bagi seluruh wilayah di IKN. 

"Juga mendukung pencapaian target IKN pada tahun 2045 antara lain terkait pengembangan angkutan massal berbasis jalan, pemantapan infrastruktur dan utilitas terintegrasi, serta pencapaian net zero emission 100 persen terbarukan," bebernya.

Sementara itu terkait pelaksanaan Upacara HUT RI tahun ini pada 17 Agustus 2024 di IKN. Maka segala sesuatu dilakukan persiapan. Apalagi waktu terus berjalan dan semakin dekat. 

Rupanya untuk persiapan itu pembangunan Bandara VVIP di IKN terus dikebut. Dengan tujuan cepat selesai dan segera difungsikan. 

BACA JUGA:Fasilitas Air Minum di IKN Siap Mengalir! Mewujudkan Mimpi Ibu Kota Baru yang Sehat dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Semarak Kemerdekaan di Ibu Kota Baru, Istana Negara IKN Siap Digunakan untuk Upacara HUT RI ke-79

Dimana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mengebut pembangunan Bandara VVIP itu. Meskipun ada beberapa kendala yaitu curah hujan tinggi. 

Namun ditargetkan selesai cepat waktu dan dapat difungsionalkan sebelum 17 Agustus 2024. 

Keberadaan bandara VVIP ini nantinya akan digunakan untuk pendaratan pesawat tamu-tamu VVIP termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang akan menghadiri upacara kemerdekaan perdana di IKN.

Disampaikan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, pihaknya telah mengupayakan sejumlah cara agar Bandara VVIP dapat beroperasi fungsional sesuai target.

BACA JUGA:Semangat Merdeka di Nusantara, IKN Siap Gelar Upacara HUT RI ke-79

BACA JUGA:Ini Formasi PPPK dan ASN Tahun 2024, Penempatan IKN Gaji Capai Rp10 Juta!

Kategori :