Ayam Kinantan Mengaum, Diasuh Nil Maizar PSMS Medan Siap Mendobrak Liga 2 Demi Naik Tahta

Sabtu 27-07-2024,16:28 WIB
Reporter : Indra
Editor : Rahmat

Setelah itu, ia bermain dua tahun untuk PSP Padang sebelum pensiun pada 1999.

Karier Sebagai Pelatih

Arcan Iurie ditunjuk sebagai pelatih Semen Padang pada tahun 2009 dan Nil Maizar menjadi asistennya.

Duet ini berhasil membawa Semen Padang ke Liga Super Indonesia 2010-11. 

Namun, saat manajemen Semen Padang tidak memperpanjang kontrak Arcan, Nil ditunjuk sebagai pelatih kepala dan berhasil membawa Semen Padang ke posisi keempat Liga Super di musim pertamanya.

Ia tetap melatih Semen Padang saat klub bergabung ke Liga Prima untuk musim 2011-12.

Prestasi Nil di Semen Padang menarik perhatian PSSI yang kemudian menunjuknya sebagai pelatih tim nasional Indonesia pada 13 April 2012. 

Turnamen pertama Nil sebagai pelatih timnas adalah Piala Internasional Palestina 2012 di mana Indonesia mencapai semifinal. 

Namun, ia mengalami kesulitan saat Piala AFF 2012 karena tidak bisa memanggil beberapa pemain kunci yang berlaga di Liga Super. 

BACA JUGA:Ini Kronologi Kekecewaan Suporter yang Bakar Stadion dan Persiraja vs PSMS Batal

BACA JUGA:Sriwijaya FC 1 v 2 PSMS Medan, Pemanasan Jelang Delapan Besar

Meskipun begitu, ia tetap membawa tim tersebut hingga peringkat ketiga Grup B. 

Pada Februari 2013, Nil digantikan oleh pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco, tetapi masih meminta PSSI menyelesaikan kewajiban untuk membayar gajinya yang tertunggak hingga akhirnya dibayarkan pada 19 April 2013.

Pada tahun 2014, Nil Maizar kembali melatih sebagai pelatih Putra Samarinda sejak putaran ke-2 Liga hingga Oktober 2014 untuk menggantikan Mundari Karya yang mengundurkan diri.

Dengan perjalanan karier yang panjang dari pemain hingga pelatih, Nil Maizar terus menunjukkan dedikasinya dalam dunia sepak bola Indonesia. 

Saat ini, ia mempersiapkan PSMS Medan untuk menghadapi Liga 2 musim 2024/2025 dengan harapan membawa tim tersebut ke kasta teratas Liga Indonesia.

Kategori :