Wakapolda Sumsel Tegaskan Polri-TNI Siap Amankan Lahan Korporasi dari Karhutla

Sabtu 27-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Meskipun belum ada yang terbakar, Polri-TNI akan tetap mengawasi lahan milik korporasi agar tidak sampai terbakar ataupun sengaja dibakar. 

Hal tersebut disampaikan Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol M Zulkarnain usai acara penutupan Pelatihan Penanganan Karhutla di lapangan venue Shooting Range Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Sabtu 27 Juli 2024.

Dia menyebut melalui pelatihan penanganan karhutla yang melibatkan personel TNI-Polri ini diharapkan agar juga dapat mengenalkan peralatan pemadaman api.

"Personel ini dilatih langsung oleh Manggala Agni sehingga nanti di lapangan mereka bisa menggunakan peralatan pemadaman api," terang Wakapolda.

BACA JUGA:Antusias 250 Personel TNI/Polri Ikuti Pelatihan Teknik Penanggulangan Karhutla dari Manggala Agni

BACA JUGA:250 Personel Polri-TNI Dibekali Pelatihan Penanganan Karhutla, Kapolda Sumsel: Pedomani Inpres

Selain itu, ikut juga dipetakan potensi wilayah yang masih terdapat lahan gambut sebagai pemicu utama terjadinya karhutla di Sumsel. 

"Diantaranya ada di wilayah OKI, OI, Banyuasin dan sebagian PALI. Hingga saat ini upaya penegakan hukum terhadap pelaku Karhutla juga kami terus lakukan. Selain mengudukasi masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran," tandasnya.


Pelatihan Penanganan Karhutla oleh personel Polri-TNI agar tidak sampai terbakar ataupun sengaja dibakar. -Foto: Budiman/sumeks-

Di kesempatan itu, dalam rangka Operasi Mantab Praja Musi 2024 juga digelar simulasi pengamanan Calon Kepala Daerah (Cakada). Melibatkan unsur personel gabungan termasuk Satbrimobda Polda Sumsel.

Sebanyak 200 personel Polri dan 50 personel TNI mulai menjalani latihan penanganan karhutla secara teori dan praktek, selama 3 hari dengan instruktur dari Manggala Agni, di Komplek Jakabaring kota Palembang.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla 2024

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Serap Aspirasi Cipayung Plus Soal Karhutla dan Illegal Drilling di Sumsel

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo mengatakan pihaknya yang meminta pelatih dari ahlinya pemadaman kebakaran hutan dan lahan dari Manggala Agni yang langsung di bawah pimpinan ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Untuk peralatan alhamdulillah sudah kami lengkapi, ada alat pelindung diri kemudian juga ada peralatan pompa seperti yang tadi sudah kita lihat bersama,” ujarnya. 

Kategori :