Transformasi Nusantara: IKN Lahirkan Peta Geostrategi Baru

Jumat 26-07-2024,20:56 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan penunjang lainnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur terus dikebut. Dengan tujuan segera dioperasionalkan atau difungsikan. 

Apalagi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, untuk upacara nya dilaksanakan IKN dan semakin dekat. 

Terkait mengenai pemindahan ibu kota ke IKN, jelas akan menciptakan geostrategis baru. Sehingga jelas banyak manfaat dan positifnya. 

Hal ini diungkapkan Aster Panglima TNI Mayjen Novi Helmy Prasetya. Meskipun pemindahan ibu kota negara Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur tentu akan menimbulkan pro dan kontra, meski telah diperkuat oleh UU Nomor 3 Tahun 20222 tentang Ibu Kota Negara.

BACA JUGA:Ribuan Tamu Siap Hadiri Perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Pengamanan Diperketat!

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN, Gerbang Baru Penerbangan di Ibu Kota Nusantara Siap Beroperasi Agustus

Dikatakannya, sebagai negara demokrasi, ketika keputusan sudah diambil dan ditetapkan oleh UU, maka sudah seharusnya seluruh komponen bangsa mendukungnya. Bangsa Indonesia.

Menurut Novi perlu meminimalisasi ekses pemindahan ibu kota negara karena pada dasarnya tidak ada satu keputusan apa pun yang memuaskan semua pihak.

“Sebaliknya, keputusan yang memberikan manfaat besar kepada bangsa harus didukung sebagai wujud kecintaan dan bakti untuk negara,” ujar Novi dalam rilis yang dikutip berbagai sumber, Jumat 26 Juli 2024.

Dia menerangkan, keputusan pemerintah memindahkan pusat pemerintahan ke IKN maka akan menciptakan geostrategis baru. Yakni khususnya dalam hal pertahanan dan keamanan negara kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA:12 Tower Apartemen ASN di IKN Rampung, Siap Huni Juli 2024!

BACA JUGA:Di Balik Malam Sejuk IKN, Ini Cerita Menhub yang Tinggal di Ibu Kota Negara

Untuk diketahui kehadiran TNI sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara di IKN terdiri atas kekuatan matra darat, laut, dan udara. Termasuk didukung oleh komponen bangsa lainnya termasuk pemerintah daerah.

“Jadi merupakan konsep kekuatan pertahanan semesta yang mutlak, sehingga TNI sebagai alat pertahanan negara, siap mendukung pemindahan ibu kota ke IKN, Kalimantan Timur,” kata dia. 

Sementara itu, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan masyarakat Otorita IKN (IKN) Alimuddin mengatakan, tugas kedeputiannya adalah merumuskan kebijakan, pelaksanaan, pengoordinasian, pemantauan, dan pengawasan bidang sosial, budaya, dan pemberdayaan masyarakat.

Kategori :