Aduh! Tahun Depan Ongkos Haji Naik Lagi, Siap-siap Berhemat

Kamis 25-07-2024,10:55 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

"Untuk (Perkiraan) kalau dalam hitungan kami itu naiknya 5 persen, sekitar Rp 2 juta - Rp 3 juta. Mungkin tahun depan (BPIH) bisa Rp 95 juta atau Rp 96 juta," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Komnas Haji, Mustolih Siradj juga memprediksi BPIH akan bergerak naik. 

Dikatakan, faktor internal atau dalam negeri yang dapat mempengaruhi kenaikan seperti pembiayaan manasik, pembuatan seragam batik bagi jemaah, operasional haji di dalam negeri. 

Termasuk mengenai kelompok bimbingan haji, kontrak penerbangan.

BACA JUGA:Sempat Dirawat di Arab Saudi, 2 Jemaah Haji Sumsel Akhirnya Meninggal Dunia

BACA JUGA:194 Ribu Lebih Jamaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air dengan Selamat

Maka faktor eksternal dipengaruhi oleh situasi ekonomi di Arab Saudi, konstelasi perang di Timur Tengah, kurs mata uang, dan faktor lainnya.

"Nanti tinggal bagaimana biaya yang ditanggung jamaah dan biaya dari nilai manfaat, apakah persentasenya seperti tahun ini 60 % Bipih, 40 % nilai manfaat, atau 70 % Bipih, 30 % nilai manfaatnya," terangnya. 

Ditambahkan, ini dilakukan supaya ada keadilan karena nilai manfaat juga haknya jamaah haji tunggu," pungkasnya. 

Dimana sebelumnya, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah selesai, sejumlah jamaah haji telah dipulangkan ke tanah air masing-masing. Termasuk jamaah haji asal Indonesia. 

BACA JUGA:Operasional Pemulangan Haji Selesai: 213.568 Jemaah Telah Kembali, 62 Masih Dirawat di Saudi

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Sambut Kepulangan Jemaah Haji Ogan Ilir di Masjid Agung An-Nur Tanjung Senai

Dimana hari ini Senin 22 Juli 2024 merupakan hari terakhir pemulangan jamaah haji Indonesia dari Tanah Suci. 

Yakni ditandai dengan dipulangkannya 316 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 30 asal embarkasi Kertajati (KJT-30) dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi menuju Bandara Kertajati di Jawa Barat, Indonesia.

Kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diangkut menggunakan maskapai Saudia Airlines nomor penerbangan SV-5712. Sehingga sekaligus juga menjadi penanda berakhirnya masa operasional layanan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara.

Kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diterbangkan hari ini, Senin, 22 Juli 2024 pukul 01.00 WAS, maka fase pemulangan jamaah haji gelombang II dinyatakan selesai. 

Kategori :