Ciptakan Peluang Usaha, PTBA Gelar Pelatihan Budidaya Maggot Black Soldier Fly

Rabu 24-07-2024,11:28 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

SUMEKS.CO - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar pelatihan budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF) di Desa Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim pada Jumat 19 Juli 2024. 

Sebanyak 25 peserta mengikuti pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai manfaat dan teknik budidaya maggot BSF.

Maggot BSF memiliki banyak manfaat di antaranya untuk pakan ternak, serta membantu menguraikan atau memusnahkan sampah organik. 

Pemberian maggot BSF untuk pakan ikan dan unggas membawa banyak keuntungan, yakni meningkatkan kualitas pakan, mengurangi dampak lingkungan, hingga efisiensi biaya dan waktu.

BACA JUGA:Bukit Asam (PTBA) Terus Tingkatkan Kapasitas Angkutan Batu Bara

BACA JUGA:TOP! Bukit Asam (PTBA) Sukses Sabet Penghargaan Outstanding Community Development Campaign

"Pelatihan budidaya maggot ini merupakan salah satu inisiatif kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan ekonomi masyarakat. Dengan memanfaatkan maggot BSF, kita tidak hanya mengurangi tumpukan sampah organik, tetapi juga menyediakan sumber pakan yang berkualitas tinggi bagi ternak," kata VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Hartono.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong terciptanya usaha baru di bidang budidaya maggot, memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat Desa Tanjung Agung.

"Kami berharap pelatihan ini berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Hartono.

Putra, salah satu peserta pelatihan, mengaku baru mengetahui banyaknya manfaat maggot BSF berkat kegiatan ini.

BACA JUGA:PTBA Gelar Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Muara Enim 2024: Ini Dia Para Pemenangnya!

BACA JUGA:PTBA Dukung Pemberdayaan Petani di Pagar Dewa untuk Kesejahteraan

Ia ingin mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya sebagai alternatif usaha sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

"Saya berharap dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan hari ini untuk memulai usaha budidaya maggot di desa kami," ucapnya.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memang diketahui selalu melakukan berbagai upaya salah satunya sebelumnya untuk meningkatkan kapasitas angkutan dalam rangka mempercepat monetisasi cadangan batu bara.

Kategori :