Ternyata Inilah 7 Rahasia Orang Jepang Panjang Umur, Nomor 6 Biasa Dikonsumsi Orang Indonesia

Rabu 24-07-2024,06:12 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Wiwik

Jika mengunjungi Jepang, Anda akan mudah menemukan kaiso alias rumput laut. 

BACA JUGA:Baru 3 Bulan di Kota Fukuoka Rohmat Hidayat Begal Wanita Jepang, Saat Ditangkap Uangnya Hanya Tersisa 3 Yen

Saking mudahnya ditemukan pada setiap makanan, Michiko bahkan menyebut bahwa ia mengonsumsi setidaknya satu gigitan rumput laut setiap kali makan.

Menurut Michiko, rumput laut menjadi salah satu resep rahasia panjang umur orang Jepang karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti yodium, vitamin B12, hingga asam lemak omega-3.

"Makanan pokok yang beraroma ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Rumput laut terkenal rendah kalori dan tinggi serat," ujar Michiko.

"Rumput laut mengandung berbagai mineral dan vitamin penting termasuk yodium, zat besi, kalium, magnesium, vitamin B12 dan asam lemak omega-3," jelasnya.

3. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi adalah hal yang mudah ditemukan di Jepang. Beberapa makanan fermentasi yang paling populer di Jepang adalah miso alias pasta kedelai.

Pasta kedelai yang difermentasi dan sering digunakan dalam sup, natto alias kedelai yang difermentasi, dan nukazuke alias sayuran fermentasi yang diasamkan dalam dedak padi.

Michiko menjelaskan, makanan fermentasi mengandung probiotik yang dapat membantu pencernaan dan penyerapan, serta mampu mengurangi risiko penyakit.

4. Wijen

Biji wijen terkenal kaya akan vitamin B, vitamin E, protein, serat, dan mineral, seperti magnesium, kalsium, serta pitosterol yang dapat membantu mengelola kolesterol. 

Maka dari itu, tak heran jika banyak orang Jepang yang hidup sehat dan panjang umur karena wijen sering dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan.

"Biji wijen adalah "pahlawan super" kuliner saya! Biji wijen coklat atau hitam panggang adalah makanan pokok dapur bagi saya," ungkap Michiko.

"Saya biasanya menumis sayuran dan nasi goreng dengan biji wijen sebagai pengganti minyak untuk mendapatkan manfaatnya secara penuh," sambungnya.

5. Jamur Shiitake

Kategori :