Samsung Galaxy A35 Vs OnePlus 12R, Mana yang Lebih Unggul dari Kedua Hp Kelas Menengah Ini?

Rabu 24-07-2024,09:40 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

SUMEKS.CO - Galaxy A35 adalah seri-A terbaik Samsung, dan seri ini bertujuan memberikan pengalaman yang menyeluruh, dengan fokus pada desain, tampilan, dan kemampuan kamera. 

Sementara OnePlus 12R, adalah perangkat seri R pertama perusahaan yang pernah diluncurkan, dan seri ini berupaya membangun reputasi OnePlus dalam hal kecepatan dan kinerja serta terjangkau.

Serunya, kedua ponsel mid range ini menjanjikan perpaduan antara performa, fitur, dan harga yang terjangkau (seperti yang ditawarkan ponsel murah terbaik). 

Namun, untuk mencapai aksesibilitas ini, kedua perangkat ini telah membuat kompromi strategis. Ulasan ini akan memaparkan kekuatan dan kelemahan masing-masing untuk menentukan mana yang lebih unggul.

BACA JUGA:Samsung Galaxy M55s Akan Dirilis dalam Waktu Dekat, Apa Saja Bocoran Spesifikasinya?

BACA JUGA:Samsung Galaxy Z Fold 6, Apakah Smartphone Ini Tahan Air, Pasir dan Benda Tajam?


Oneplus 12r versus Samsung Galaxy A35--

Pertama adalah bahasa desain, filosofi desain Galaxy A35 dan OnePlus 12R sangat berbeda. A35, dengan tepi datar dan permukaan seragam, memancarkan keanggunan minimalis yang mirip dengan saudaranya S24. 

Sebaliknya, OnePlus 12R mengusung lengkungan; sisi layarnya yang membulat menciptakan estetika ramping dan premium yang membuatnya terlihat lebih mahal dari harganya.

Membalikkan ponsel akan memperlihatkan desain belakang yang kontras. A35 mempertahankan tema minimalisnya dengan tata letak kamera yang ditumpuk secara vertikal, sementara 12R memiliki pulau melingkar yang lebih menarik perhatian.

BACA JUGA:Samsung Galaxy Z Flip 6, Smartphone dengan Desain Bergaya dan Fungsionalitas

BACA JUGA:Mending Beli Samsung Galaxy Z Fold 6 atau Tunggu Google Pixel 9 Pro Fold yang Sebentar Lagi Rilis?

Saat dipegang, perbedaan ini menjadi lebih jelas. A35 terasa lebih besar dan lebar, berkat sisi datar dan dimensi yang lebih besar. 

Meskipun sedikit lebih tipis, bobotnya mencapai 209g dibandingkan dengan 12R yang 207g. Kedua ponsel ini memiliki bagian belakang kaca, tetapi OnePlus 12R memiliki rangka aluminium, sedangkan Galaxy A35 menggunakan rangka polikarbonat.

Daya tahan adalah aspek lain yang perlu diperhatikan. Peringkat IP67 A35 berarti dapat bertahan saat dicelupkan ke dalam kolam renang, sedangkan peringkat IP64 12R hanya melindungi dari cipratan air. 

Kategori :