Operasional Pemulangan Haji Selesai: 213.568 Jemaah Telah Kembali, 62 Masih Dirawat di Saudi

Selasa 23-07-2024,08:31 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

"Iya hari ini kepulangan jamaah haji kita yang terakhir sekaligus mengakhiri tugas pelayanan PPIH Arab Saudi Daker Bandara,” kata Kepala Daker Bandara Abdillah di Bandara AMMA Madinah, Senin 22 Juli 2024, dikutip berbagai sumber. 

BACA JUGA:Tercatat 394 Jamaah Haji Indonesia Wafat Sejak Awal Keberangkatan

BACA JUGA:Jamaah Haji Muda Mahasiswi Kedokteran Wafat, Dimakamkan di Jua-jua Kayuagung, Ini Penyebabnya?

Dia menjelaskan, kloter KJT-30 ini berisi jamaah haji yang berasal dari berbagai Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Subang. 

"Jamaah haji kloter terakhir ini dijadwalkan akan mendarat di Bandara Kertajati, pada 22 Juli 2024 hari ini pukul 15.15 WIB," ucapnya.

Menurut Abdillah, selama masa operasional haji 1445 H/2024 M, Daker Bandara telah melayani kepulangan 212.719 jemaah dan 2.745 petugas kloter. Mereka terbagi dalam 553 kloter.

Masih kata dia, mengenai proses pemulangan kloter terakhir jamaah haji Indonesia di Madinah ini dilepas langsung Konjen RI Yusron B Ambary, Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kadaker Bandara Abdillah. 

BACA JUGA:Bupati OKU Timur Sambut Kepulangan 438 Jamaah Haji Kloter 10 dengan Hangat dan Harapan

BACA JUGA:Jamaah Haji Gelombang II Kembali ke Tanah Air, Embarkasi Palembang Pulang Terlebih Dahulu

Termasuk juga beserta pejabat lainnya yang berada di Arab Saudi dan disaksikan seluruh Petugas Haji Daker Bandara. Jemaah haji Kloter KJT-30 dilepas di Paviliun 2 Bandara AMMA Madinah.

"Atas nama Pemerintah RI dan PPIH, kami mengucapkan selamat atas kelancaran rangkaian ibadah haji ini mulai dari awal hingga akhir. Semoga semua dilancarkan dan kembali ke Tanah Air dengan menyandang predikat haji mabrur,” ucap Konjen RI Yusron B Ambary.

Dia menambahkan, pihaknya juga mohon maaf bilamana dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini terdapat kekurangan. Juga berterima disampaikan kepada Petugas Haji Indonesia yang telah bekerja keras, mendedikasikan pikiran dan tenaganya dalam melayani tamu Allah. 

Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam juga mengucapkan selamat kepada jamaah haji Indonesia yang telah menyelesaikan rangkaian ibadahnya dengan lancar. Dia berharap semua itu dilakukan dengan ikhlas, sehingga predikat haji mabrur dapat tercapai.

BACA JUGA:Jamaah Haji Diimbau Tetap Jaga Kondisi Fisik Usai Ibadah di Armuzna

BACA JUGA:Jamaah Haji Asal Kabupaten OKI Kloter 16 Tiba di Tanah Air Pekan Depan

Selain itu, sejumlah apresiasi juga diberikan kepada sejumlah pihak, baik PPIH di Tanah Air maupun PPIH Arab Saudi yang memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji secara maksimal.

Kategori :