Titik Api Karhutla Muncul di Sejumlah Wilayah, Polda Sumsel Gelar Kekuatan Personel dan Perlengkapan

Rabu 17-07-2024,18:37 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Polda Sumsel menggelar apel kesiapan penanganan karhutla 2024. Personel dan perlengkapan yang akan digunakan untuk mendukung penanganan kebakaran hutan dan lahan diperiksa satu persatu oleh pimpinan apel.

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo melalui Direktur Samapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto Sik MH yang memimpin apel kesiapan.

Dalam arahannya mengatakan, kegiatan bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan perlengkapan yang dimiliki oleh Polda Sumsel dalam rangka kesiapan menghadapi Karhutla yang sudah mulai muncul titik api di beberapa lokasi.

“Kita pastikan kesiapan personel dan perlengkapan yang ada, sehingga setiap saat siap untuk diterjunkan ke lapangan membantu wilayah,” ujarnya.

BACA JUGA:MEMBARA! Ini Penampakan Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Satgas Karhutla Terpaksa Lakukan Penyekatan Api

BACA JUGA:Wanti-Wanti Hadapi Karhutla di Musim Kemarau, Kapolres Ogan Ilir Cek Kelayakan Peralatan

Kombes Budi Mulyanto menegaskan kepada setiap Sub Satuan Tugas (Subsatgas) wajib mempersiapkan kendaraan operasional berikut perlengkapannya dengan baik sehingga bisa digunakan kapan pun diperlukan.

Terdata perlengkapan yang digelar dan dicek kesiapannya diantaranya kendaraan R4 jenis Toyota Hilux V 4007-10 dan perlengkapannya dari Ditreskrimsus, 1 unit kendaraan R6 Karhutla 6017-15 serta bus dan perlengkapannya dari Ditsamapta, 1 unit kendaraan RIB 85 PK dan truk beserta perlengkapannya.


Polda Sumsel menggelar apel kesiapan penanganan karhutla 2024. -Foto: dokumen/sumeks.co-

Selain itu, kendaraan dan perlengkapan dari Satbrimob berupa Water Canon, truk dan angkutan, Mobil SAR darat, Pompa Fortable, 6 roll Fire Hose, Y connection, Nozzle Gambut, Apar Powder ABC, Apar Foam AFF, Apar Clean Agent, 3 Pistol Grip 1,5", 3 Fire Helmet, 3 Fire Glove, 3 set Baju Sar dan Sepatu Sar, Cutting Tool, Thermal, 3 Gearbag, Chainsaw, Skop, P3K, 2 Motor Tempell dan Helmet, 2 Tali Pandu, 4 Hook Carabiner dan Body Harness, 16 Senter dan 16 Jaket Pelampung.

“Kita cek tadi seluruh peralatan yang memang sudah sekian waktu tersimpan di gudang. Alhamdulillah semuanya siap pakai. Begitu pun kondisi fisik personel kita juga cukup sehat dan bugar, mudah-mudahan bersama dengan petugas lainnya dari TNI, BPBD, Manggala Agni, dari Masyarakat Peduli Api dan relawan sudah siap untuk mengemban tugas yang cukup berat ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:Warning Karhutla! 2 Titik Api Ditemukan di Banyuasin, BPBD: 6 Hektare Lahan Hangus Terbakar

BACA JUGA:Musim Kemarau Memicu Ancaman Karhutla di OKI, Siaga Darurat Diterapkan!

Sebelumnya, jajaran Polda Sumsel gencar melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat untuk pencegahan dan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan. 

“Kesiapan baik personel maupun perlengkapan sarana prasarana ini terus kami gencarkan termasuk juga di Polres jajaran, seiring dengan penetapan status Siaga Darurat Karhutla oleh pemerintah Provinsi Sumsel tanggal 13 Juni 2024 yang lalu,” terang Kepala Biro Ops Polda Sumsel Kombes M Anis Prasetyo kepada media.

Kategori :