MEMBARA! Ini Penampakan Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Satgas Karhutla Terpaksa Lakukan Penyekatan Api

Rabu 17-07-2024,16:47 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Hetty

Dimana, satu hari menjabat sebagai Kapolres Ogan Ilir, Bagus Suryo langsung melakukan kegiatan pengecekan kelayakan peralatan pemadam kebakaran lahan. 

Menurut Kapolres Ogan Ilir, kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Selain pengecekan peralatan, Kapolres Ogan Ilir juga memberikan arahan dan pengawasan kepada personel yang akan terjun ke lokasi titik api, pada saat terjadi Karhutla. 

"Untuk memadamkan kebakaran lahan, kita harus memastikan kendaraan pemadam kebakaran dan peralatan dalam kondisi baik dan siap pakai," tegasnya.

BACA JUGA:MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025 Dimulai, Wabup Ogan Ilir Tekankan Nilai-Nilai Pancasila ke Anak-Anak

BACA JUGA:AKBP Bagus Suryo Wibowo Resmi Jabat Kapolres Ogan Ilir, 3 Isu Penting Ini Jadi Fokus Kerjanya Waktu Dekat


Asap tebal tampak menyelimuti Desa Lorok Kabupaten Ogan Ilir, usai kebakaran lahan. --

Kapolres Ogan Ilir tidak menginginkan, nantinya setelah tiba di titik api, peralatan yang seharusnya dapat dioperasikan malah bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik. 

Pemeriksaan yang dilakukan Kapolres Ogan Ilir ini, meliputi kendaraan Armored Water Cannon (AWC), truk tangki, dan peralatan operasional kebakaran hutan dan lahan lainnya. 

Dalam pengecekan ini, Kapolres didampingi oleh Kabag Ops Polres Ogan Ilir, Kompol Kusyanto, Kasat Samapta, AKP Yanuardi, dan beberapa Kasat lainnya. 

Dari hasil pengecekan, diketahui bahwa peralatan pemadam kebakaran secara keseluruhan dalam kondisi baik dan siap digunakan, meskipun ada beberapa peralatan yang perlu diperbaiki dan diganti.

Kapolres juga memastikan kesiapan personel yang akan tergabung dalam Satgas Karhutla bersama instansi terkait lainnya seperti Manggala Agni, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, dan TNI. 

BACA JUGA:Disdikbud Ogan Ilir Sukses Gelar Gala Siswa Indonesia, Ini Daftar 4 Tim Sepakbola yang Jadi Juaranya!

BACA JUGA:Final Gala Siswa Indonesia Kabupaten Ogan Ilir 2024, Pertemukan Tim Sepakbola Indralaya Selatan vs Payaraman

"Tugas ini sangat berisiko, karena titik api sewaktu-waktu bisa berubah arah dengan cepat sesuai dengan arah angin. Jangan sampai nanti personel yang berada di lapangan terjebak di titik api dan menjadi korban," papar Kapolres.

Kapolres mengingatkan, kepada seluruh personel untuk tidak melakukan kesalahan dalam pelaksanaan tugas, menjaga komunikasi yang baik dengan stakeholder Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Kategori :