Sering Terjadi Kebakaran Lahan Saat Kemarau, Polsek Tanjung Batu Ogan Ilir Patroli di Areal Perkebunan Tebu

Rabu 17-07-2024,12:14 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Hetty

"Alhamdulillah, masyarakat setempat juga menyatakan kesiapan mereka untuk berperan aktif dalam penanggulangan dan pengendalian bahaya Karhutla," ungkapnya, Rabu, 17 Juli 2024.

Polsek Tanjung Batu juga memberikan imbauan serta menyebarkan maklumat dari Kapolda Sumsel, tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar.

"Dengan adanya patroli terpadu ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan bahaya Karhutla dan lebih proaktif dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana kebakaran hutan dan lahan," sebutnya. 

Sebelumnya, kesiapan Polres Ogan Ilir dalam menghadapi Karhutla di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, juga ditunjukkan Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo. 

BACA JUGA:Larangan Mainkan Musik Remix, Kapolsek Tanjung Batu Pimpin Rapat Koordinasi dengan Personel Binmas

BACA JUGA:Polsek Tanjung Batu Buru Pelaku Lain Kasus Pembunuhan Warga Desa Kasih Raja Ogan Ilir

Dimana, satu hari menjabat sebagai Kapolres Ogan Ilir, Bagus Suryo langsung melakukan kegiatan pengecekan kelayakan peralatan pemadam kebakaran lahan. 


Sosialisasi terpadu cegah Karhutla di wilayah hukum Polsek Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. --

Menurut Kapolres Ogan Ilir, kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Selain pengecekan peralatan, Kapolres Ogan Ilir juga memberikan arahan dan pengawasan kepada personel yang akan terjun ke lokasi titik api, pada saat terjadi Karhutla. 

"Untuk memadamkan kebakaran lahan, kita harus memastikan kendaraan pemadam kebakaran dan peralatan dalam kondisi baik dan siap pakai," tegasnya.

Kapolres Ogan Ilir tidak menginginkan, nantinya setelah tiba di titik api, peralatan yang seharusnya dapat dioperasikan malah bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik. 

BACA JUGA:Fakta-Fakta Pembunuhan Sadis di Desa Kasih Raja Ogan Ilir yang Berhasil Diungkap Polsek Tanjung Batu

BACA JUGA:Polsek Tanjung Batu Amankan Tersangka Pembunuhan Sadis di Desa Kasih Raja Ogan Ilir, Sempat Sembunyi di Kebun

Pemeriksaan yang dilakukan Kapolres Ogan Ilir ini, meliputi kendaraan Armored Water Cannon (AWC), truk tangki, dan peralatan operasional kebakaran hutan dan lahan lainnya. 

Dalam pengecekan ini, Kapolres didampingi oleh Kabag Ops Polres Ogan Ilir, Kompol Kusyanto, Kasat Samapta, AKP Yanuardi, dan beberapa Kasat lainnya. 

Kategori :