Maarten Paes Siap Membela Timnas di Kualifikasi Piala Dunia, Dito: Insyaallah Gaspool!

Rabu 17-07-2024,06:03 WIB
Reporter : Indra Rikardo
Editor : Edy Handoko

SUMEKS.CO - Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Dito Arianto menyampaikan kabar  baik dari Ketum PSSI, Erick Thohir bahwa Maarten Paes sudah bisa membela Timnas Indonesia di ronde 3 Kualifikasi Piala Asia 2026 zona Asia.

Dito menyebutkan bahwa Maarten Paes sudah bisa bermain dengan Timnas Indonesia pada September 2024 mendatang atau bertepatan dengan laga perdana putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Saya sudah bertemu dengan pak Erick Thohir, Insyaallah September 2024 sudah dapat bermain dengan Timnas Indonesia," kata Dito.

Sebelumnya Maarten Paes telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April 2024. Namun, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu belum dapat memperkuat Timnas Indonesia karena terganjal Status FIFA.

BACA JUGA:Menanti Aksi Juru Gedor Jens Raven Besok Perdana di Piala AFF U-19, Timnas Indonesia Siap Hadapi Filipina

BACA JUGA:Hadiah Rp 5 Miliar untuk Juara Piala Presiden 2024, Sriwijaya FC Pernah Runner Loh, dan Inilah Pesertanya

Maarten Paes terganjal pergantian federasi dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA, terhambat peraturan FIFA Pasal 9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf B ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun,"

Sebelumnya kiper dispora Indonesia itu pernah enam kali bermain untuk Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Meski harus melewati persidangan panjang, Dito Ariotedjo terus memantau perkembangan pemain FC Dallas ini.  

BACA JUGA:Tidak ada Nama Ji Da Bin, Indra Sjafri Siapkan 23 Daftar Pemain untuk ASEAN U-19 Boys Championship 2024

BACA JUGA:Trio Bek Indonesia “RJJ” Siap Kawal Pertahanan Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia

"Ini menurut Pak Erick Thohir. Soal CAS, sedang diurus PSSI. Nanti kita lihat perkembangannya," ujarnya 

Andai resmi Maarten Paes bergabung bersama skuad Garuda, maka Timnas Indonesia dipastikan bakal dapatkan menurunkan starting full bintang Eropa di ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti. 

Pasalnya, hampir semua lini di skuad Garuda saat ini sudah memiliki stok pemain keturunan. 

Kategori :