128 Peserta Ikuti Pelatihan Berbasis Unit Kompetensi Disnakertrans, Ini Harapan Wabup Ogan Ilir

Rabu 10-07-2024,13:46 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Hetty

"Sehingga, kesejahteraan baik untuk diri sendiri maupun keluarga dapat terjamin," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Kabupaten Ogan Ilir, dr Siska Susanti mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh warga Kabupaten Ogan Ilir yang tidak mampu. 

"Tentunya hal itu dibuktikan dengan surat keterangan dari Pemerintah Desa atau kelurahan, dan foto," paparnya. 

Ditambahkannya, pelatihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan peserta, yang tadinya tidak terampil di berbagai unit kompetensi menjadi terampil. 

"Pelatihan ini untuk masyarakat yang tidak terampil di Kabupaten Ogan Ilir. Dengan harapan, mereka ini akan mampu bersaing diluar nantinya," harapnya. 

BACA JUGA:Bupati dan Wabup Ogan Ilir Bersama Warga Ikuti Jalan Santai dan Senam Bersama HUT Ogan Ilir ke-XX

BACA JUGA:Harlah ke-6 Ponpes Modern Albasya Hadirkan KH Said Aqil Siradj, Wabup Ogan Ilir Sampaikan Apresiasi

Siska juga menginginkan, masyarakat yang mengikuti pelatihan ini, akan menjadi mandiri membuka usaha pribadi dan go publik. 

"Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian sendiri, serta juga dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Ogan Ilir," katanya. 

Karena, mereka yang sudah terampil ini, akan mengajak orang lain untuk bekerja dengannya, atau bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. 


Plt Kepala Disnakertans Kabupaten Ogan Ilir, dr Siska Susanti. --

Terpisah, Kepala UPTD LLK Disnakertrans Kabupaten Ogan Ilir, Rakhmansyah menambahkan, delapan unit kompetensi tersebut adalah menjahit, tata rias, las listrik, sepeda motor, Bahasa Jepang, tata boga, barber shop pria, serta mesin pendingin. 

"Pelatihan ini terbagi menjadi dua, yaitu institusional dan non institusional. Kalau institusional itu di Kabupaten, kalau non institusional itu di Kecamatan," jelasnya. 

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Serahkan Rumah Nike Ardila Setelah Selesai Dibedah oleh Baznas Ogan Ilir

BACA JUGA:Banjir di Kecamatan Muara Kuang, Wabup Ogan Ilir Pastikan Pasokan Makanan Warga Tak Terganggu

Untuk kegiatan pelatihan non institusional tersebut, dipusatkan di Kecamatan Pemulutan, Desa Sungai Pinang 1 Kecamatan Sungai Pinang, dan Desa Kasih Raja Kecamatan Lubuk Keliat. 

Kategori :