Pengurus PWI OKI Dilantik, Ketua PWI Sumsel Ingatkan Jaga Kontrol Sosial

Senin 08-07-2024,15:54 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

"Kami berjanji akan menjaga marwah PWI, apalagi menjelang Pilkada. Kami sudah tekankan kepada anggota PWI untuk tetap tegak lurus sesuai dengan PDPRT PWI," jelasnya. 

BACA JUGA:Jalin Harmonisasi dengan PWI, Kadisdikbud Ogan Ilir Terima Penghargaan dari PWI Sumsel Sebagai Mitra PWI

BACA JUGA:Bupati OKU Timur, Kapolres, dan Ketua KPU Menerima Penghargaan PWI Sumsel Award 2024

Dia menegaskan, dimana para pengurus yang dilantik ini akan bekerja keras untuk menjalankan apa yang telah diprogramkan. Seperti yang sudah dipaparkan pada saat Rakerda di Palembang.

"Guna menjalankan program itu sangat memerlukan dukungan dan support dari pemerintah setempat. Oleh karenanya, kami akan selalu menjaga komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah," jelasnya.

Sambungnya, hal itu tentu tanpa harus menghilangkan fungsi Pers sesuai Pasal 3 ayat 1 yakni, media sebagai informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

Terkait kontrol sosial tersebut, mengingat-ingat zaman Gubernur DKI Jakarta tahun 1966, Alm Ali Sadikin yang meminta dikritik sama wartawan. 

BACA JUGA:PWI Pusat Bakal Berikan Penghargaan ke Bupati Ogan Ilir pada HPN Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024

BACA JUGA:PWI OKI Tolak RUU Penyiaran, Jelas Membatasi Ekspresi Insan Pers

"Menurutnya wartawan adalah auditor gratis, kalau mendengarkan laporan anak buah selalu bagus. Jadi , mereka tetap menjalan fungsi pers, tapi sesuai dengan kode etik jurnalistik," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, PJ Bupati OKI yang diwakilkan PJ Sekda OKI, M Refly mengucapkan selamat kepada Pengurus PWI OKI yang telah dilantik.

"Mudah-mudahan dengan keberadaan Ketua PWI yang baru dapat terus menjalankan program-program terdahulu dan semakin maju ke depan," pungkasnya.

Menurut Refly, jurnalis merupakan pilar ke-4 yang menjadi penopang 3 pilar lainnya yakni Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

BACA JUGA:Pemkab Muba dukung Kontingen PWI Muba Ikuti HPN 2024 di Kota Palembang

BACA JUGA:Ketua PWI OKI Periode 2024-2027 Terpilih Secara Aklamasi: Menuju Era Baru Kemajuan Pers di Ogan Komering Ilir

"Maka kami berharap, kehadiran PWI hendaknya menyajikan informasi yang cerdas dan mendidik. Mengingat PWI sebagai organisasi penyampai informasi," ucapnya.

Kategori :