Warga Muara Enim Desak Pemkab Bangun Jalan Alternatif Pasca Longsor

Rabu 19-06-2024,06:34 WIB
Reporter : Ozy
Editor : Rahmat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Beberapa waktu lalu terjadi dua kali longsor di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) Desa Lubuk Nipis yang menyebabkan jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Longsor ini merupakan kejadian yang serius karena Jalintengsum merupakan jalur utama yang menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Jambi.

Masyarakat Desa Lubuk Nipis, Kecamatan Panang Enim, yang terdampak langsung oleh longsor di Jalintengsum, telah meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim untuk membangun akses jalan alternatif.

Permintaan ini sangatlah wajar mengingat Jalintengsum merupakan satu-satunya akses keluar masuk desa, dan longsor telah menyebabkan desa tersebut terisolasi.

BACA JUGA:Selebgram Palembang Alnaura DPO Kasus Penipuan Kembali Berulah, Dikecam Kasus Ujaran Kebencian dan Fitnah

BACA JUGA:Mahasiswa Nongkrong di Kafe Nggak Beli Makan Minum, Owner Kafe Jogja Memohon Please Tak Semua di Kafe Mahal

Permintaan pembangunan jalan alternatif oleh masyarakat Desa Lubuk Nipis bukan tanpa alasan kuat.

Kesulitan yang dialami warga saat harus membawa salah satu warga yang sakit untuk berobat menjadi bukti nyata betapa mendesaknya kebutuhan akan akses jalan lain.

Karena tidak adanya akses jalan lain yang bisa dilalui kendaraan, warga Desa Lubuk Nipis terpaksa harus bergotong royong membawa pasien yang sakit dengan cara digotong.

Hal ini tentu sangat memprihatinkan dan menunjukkan betapa sulitnya kondisi yang dihadapi masyarakat setempat akibat longsor yang menutup akses jalan utama.

BACA JUGA:Waduh! Dukung Calon Kepala Daerah Tanpa Izin Partai, 15 Pimpinan Kecamatan Golkar Diberi Sanksi

BACA JUGA:Polisi Gagalkan Peredaran Sabu Paket Hemat di Lubuklinggau Asal Rejang Lebong

"Kejadian bencana ini harus menjadi perhatian pemerintah, jika dalam keadaan urgen salah satunya ada warga yang sakit hendak dibawah ke puskesmas atau kerumah sakit tidak bisa melintas karena akses jalan tertutup material longsor," ujar Tokoh Masyarakat Lubuk Nipis Yones Tober ST SH MH, Selasa 18 Juni 2024.

Menurut calon legislatif terpilih periode 2024-2029 ini, mengatakan untuk melancarkan aktifitas masyarakat sehari-hari, pemerintah melalui dinas terkait untuk membangun akses jalan alternatif.

Keberadaan akses jalan alternatif yang memadai akan membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Desa Lubuk Nipis.

Kategori :