Wujudkan WBBM, Kanwil Kemenkumham Babel Diganjar Penghargaan Inspektorat Jenderal

Selasa 21-05-2024,11:44 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

BANDUNG, SUMEKS.CO – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, baru-baru ini menerima penghargaan atas komitmennya dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Irjen Pol Dr. Reynhard Silitonga, dalam kegiatan Panel Hasil Evaluasi Pembangunan Zona Integritas di Bandung, Senin 20 Mei 2024.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Harun Sulianto dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan melayani di lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel.

Di bawah kepemimpinannya, Kanwil Kemenkumham Babel telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pembangunan Zona Integritas, dengan menerapkan berbagai inovasi dan program yang berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

BACA JUGA:Warning! Ombudsman Tegas Larang Sekolah Pungut Biaya Apapun di PPDB Jalur Prestasi

BACA JUGA:Memasuki Putaran Kedua Proliga Jeda 2 Minggu, Manajer PBS: Pemain Diberi Waktu Istirahat 3 Hari

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Irjen Pol Dr. Reynhard Silitonga, dalam acara Panel Hasil Evaluasi Pembangunan Zona Integritas yang diadakan di Hotel Aryaduta Bandung, Senin 20 Mei 2024.

Selain Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung, penghargaan atas komitmen pembangunan Zona Integritas menuju WBBM juga diberikan kepada 5 Kanwil Kemenkumham lainnya, yaitu: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat, Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta dan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Membuka kegiatan, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Reynhard Silitonga menyampaikan, evaluasi panel ini, mengevaluasi capaian, kendala, serta langkah-langkah strategis untuk terus meningkatkan integritas dan pelayanan publik yang lebih baik.

Serta untuk menilai sejauh mana satuan kerja telah melaksanakan prinsip-prinsip Reformasi Birokrasi dan membangun Zona Integritas.

BACA JUGA:Gadis Kampus Universitas Bina Darma 2023 Raih Intelegensi Putri Hijabfluencer Sumsel 2024

BACA JUGA:Demi Naik Haji Lebih Cepat, Raffi Ahmad dan Keluarga Rela Gunakan Jalur Khusus, Haji Furoda

Dikatakan Reynhard, hingga tahun 2023, total terdapat 241 satuan kerja yang telah memperoleh predikat WBK-WBBM.

Dengan rincian 220 satuan kerja WBK dan 21 satuan kerja WBBM, dari total 875 satuan kerja. Sementara pada tahun 2024 ini, sudah tersaring 306 satuan kerja yang telah diusulkan oleh unit Eselon I Pembina kepada Tim Penilai Internal (TPI).

Reynhard juga menyebutkan, jika Tim Penilai Internal (TPI) perlu memperhatikan beberapa hal untuk menambah peluang keberhasilan satker memperoleh predikat WBK/WBBM, yaitu memastikan tindak lanjut hasil pengawasan dari APIP/BPK telah selesai 100%, memastikan hasil evaluasi penerapan SAKIP, memastikan tingkat kepatuhan penyampaian LHKPN dan LHKASN, serta komitmen dan pemahaman pimpinan serta pegawai terkait pembangunan ZI.

Kategori :