Jika akan melalui jalan menajak pastikan kalian sebaiknya memposisikan gigi perseneling di nomor 2 atau 3.
Namun, jika dirasa tanjakan sangat cuman maka bisa menggunakan perseneling nomor 1.
Jika bertanya bagaimana cara memperhitungkan kemiriangan tanjakan? Tentu jauh lebih baik jika sebelumnya kalian sudah pernah meleawati tanjakan tersebut.
BACA JUGA:Terungkap Mengapa Mobil Pajero dan Fortuner Rawan Terbalik di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya
Namun jika ini adalah kali pertama melewatinya, maka butuh perhitungan yang matang.
Cobalah untuk memperhatikan kondisi sekitar tanjakan yang akan dilalui.
Tak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan memperhatikan tanjakan tersebut agar bisa memperkirakan setinggi apa kemiringan.
- Hindari Kopling Menggantung
Tips selanjutnya saat berkendara di jalur menanjak yang seringkali dilupakan ialah hindari kopling menggantung.
BACA JUGA:Mobil Listrik SUV, Chery OMODA E5 Bakal Debut Global di IIMS 2024
Kopling menggantung atau kopling setengah ini sangat tidak disarankan. Namun, ditemui masih banyak pengendara yang masih mempercayai aliran kopling setengah saat berjalan di jalur menanjak.
Padahal ini justru akan membuat kopling mobil jadi lebih cepat panas bahkan dapat rusak.
Lebih baik andalkan saja kopling 1 dan 2 saat melewati jalan yang menanjak.
- Pakailah Rem Tangan
Ketika ingin berhenti di tengah-tengah tanjakan, cobalah untuk menggunakan rem tangan.
BACA JUGA:Lampu Mobil Tetap Terawat, Ikuti 10 Tips Praktis Ini
Rem tangan ini berfungsi sebagai pengganti kopling agar mobil bisa berhenti secara total di jalur tanjakan.
Tariklah rem tangan agar mobil tidak merosot kebawah. Jika mobil ingin kembali berjalan maka bisa melepaskan rem tangan secara perlahan.