Penting Diketahui! Samsung Update Software One UI 6.0 Terbaru dan Bisa Digunakan untuk S23 Ultra

Senin 01-01-2024,08:41 WIB
Reporter : Widya
Editor : Rappi Darmawan

SUMEKS.COSamsung memberikan software terupdate yaitu one UI 6.0 yang sudah ada di serie S23 ultra, namun di beberapa handphone series lain kemungkinan ada beberapa fitur yang hilang.

Hal tersebut terjadi dikarenakan perbedaan series flagship dan series biasa. Sudah biasa saat update software akan ada beberapa fitur terbaru yang muncul.

Saat software one UI 6.0 dibandingkan sama one UI 5.1.1 akan terlihat perbedaan dibagian quick setting karena tampilannya menjadi lebih rapi sehingga enak untuk dilihat.

Bagian quick setting setelah update software terbaru berubah menjadi 2 opsion, yang pertama adalah bagian atas serta yang kedua bagian full layarnya.

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Smartphone Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5

Jika ingin mengatur bagian quick setting bisa diisi apa saja, caranya sangat mudah yaitu klik gambar pensil yang ada disudut kanan atas. Lalu akan ada 2 pilihan quick setting atas ataupun full layar.

Perubahan yang ada pada software baru adalah dibagian wifi dan bluetooth sudah dibuat dengan tampilan sedikit lebih besar serta dipisah sehingga saat mengkliknya menjadi mudah.

Diserie software sebelumnya saat ingin mengklik tampilan bluetooth ataupun wifi harus ditekan beberapa saat terlebih dahulu.

Namun untuk software terbaru tidak perlu lagi menunggu waktu untuk ditekan cukup diklik saja. Akan langsung muncul beberapa tampilan wifi ataupun bluetooth.

BACA JUGA:Duel Spek Canggih Samsung Galaxy A34 5G vs Redmi Note 12 Pro 5G, Kamu Pilih yang Mana?

Samsung menambahkan opsi click acces di tampilan quick settingnya yang berfungsi untuk memudahkan pengguna, jika sekali usap layar akan muncul tampilan penuh pada bagian quick setting.

Saat opsi click acces sudah dinyalakan, cukup swipe dari sudut kanan bagian atas sehingga akan menampilkan seluruh menu logo tanpa terganggu bagian notifikasi.

Salah satu fitur terbaru yang ada di one UI 6.0 adalah dapat memilih notifikasi berdasarkan prioritas atau berdasarkan jam.

Perbedaan lain dari software terbaru juga bisa dilihat pada tampilan jam yang ada di layar handphone, ada beberapa fitur untuk mengganti tampilan jam tersebut.

BACA JUGA:Update! Diskon Akhir Tahun Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5, Berikut Periode Promonya

serta ditampilan setting juga ada sedikit perubahan yaitu menghilangkan preview email dari samsung account.

Di sofware sebelumnya menu samsung dibuat menyatu di bagian baterai dan device. Nah, sekarang sudah dibuat terpisah untuk menu baterai sendiri.

Jika kebingungan mencari performance profile, tidak usah khawatir lagi karena menu ini pindah ke bagian device care.

Saat masuk ke menu storage ada pilihan menu terbaru dibagian paling bawah yaitu tempat untuk sampah sehingga bisa membuang file yang tidak diperlukan lagi.

BACA JUGA: Kerepotan Bawa Laptop? Ini 7 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik di Tahun 2023

Tidak hanya menu – menu tersebut yang ada perubahan tapi di bagian emoji juga ada permbaruan dari software terbaru ini.

Perubahan paling menarik dari software terbaru one UI 6.0 adalah di bagian galeri foto karena sudah ada tampilan informasi seperti tanggal dan tempat untuk setiap foto yang kita ambil.

Tambahan terbaru dari software one UI 6.0 adalah fitur rekomendasi untuk mengedit foto sehingga hasilnya menjadi lebih terang dan berkualitas HD.

Bagian kamera yang paling berbeda karena update software terbaru yaitu saat memilih resolusi foto menunya sudah diubah.

BACA JUGA:Review Samsung Galaxy M34 5G, Smartphone dengan Baterai Jumbo dan Kamera Memuaskan, Harga Cuma Segini

Jika sebelumnya tampilan resolusi foto ini berada disudut menu handphone, sekarang sudah dipindah ke bagian depan sehingga sangat mudah untuk dilihat.

Tidak hanya membantu saat memilih resolusi untuk berfoto namun membuatnya mudah, contohnya di software sebelumnya resolusi 50MP hanya bisa digunakan dirasio 3:4 saja.

Namun di software terbaru one UI 6.0 jadi lebih puas karena resolusi sebesar 200MP yang ada di kamera dapat digunakan di 3:4, 9:16 serta 1:1.

Bagian kamera assistant juga ada fitur terbaru yang dinamakan optical quality crop zoom. Jika diaktifkan akan menambahkan fitur crop digital 2x zoom.

BACA JUGA:Best Deals! Mengawali Tahun Baru Dengan Samsung S23 Ultra 5G, Simak Spesifikasi dan Pilihan Warna Exclusive

Fitur berikutnya bisa memindahkan foto, file serta dokumen ke aplikasi lain hanya menggunakan drag and drop. Caranya cukup tekan beberapa aplikasi menjadi satu lalu pindahkan ke lokasi yang diinginkan.(*)

Kategori :