Tips Jitu Motret Menggunakan iPhone untuk Mendapatkan Kualitas Gambar Tetap Jernih

Rabu 15-11-2023,14:13 WIB
Reporter : Indra Richardo
Editor : Rappi Darmawan

Guna menentukan fungsi exposure dan fokus, pengguna dapat menekan titik tertentu di tampilan layar kamera.

Dengan begitu, bisa memilih gelap maupun terang saat ingin mengambil gambar. Ini juga bisa menentukan kontras warna agar seimbang. 

3. Hindari Memakai Fitur Zoom 

Seperti smartphone pada umumnya, iPhone juga dibekali fitur zoom yang berfungsi untuk melihat dan memperbesar objek agar terlihat lebih dekat. 

BACA JUGA:5 Tips dan Trik Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Terkuras Tahan Seharian

Namun, fitur zoom iPhone tersebut bukan optical zoom melainkan digital zoom. Sehingga hasil dan kualitas gambar akan sedikit berkurang jika fitur ini digunakan. 

Oleh sebab itu, adabaiknya untuk menghindari penggunaan zoom secara berlebih. Sebaiknya dekati objek yang ingin dipotret secara langsung agar kualitas gambar tetap baik. 

4. Nonaktifkan Flash 

Perlu digaris bawahi, kualitas foto pada smartphone iPhone takkan terpengaruh dengan menggunakan flash.

BACA JUGA:Catat, Ini Cara Cek Garansi iPhone 15 Series dan Harga Resmi di Indonesia

Sebab, iPhone hanya menggunakan lampu LED biasa untuk flash. Justru dengan menggunakan flash hasil foto dapat menjadi tidak natural. 

Sebaiknya menggunakan sumber pencahayaan alami seperti sinar matahari, sementara untu memotret di dalam ruangan bisa mengatur fungsi exposure saja.

5. Terapkan Komposisi 

Salah satu teknik yang bisa dicoba agar kualitas foto optimal ialah menggunakan kompesisi fotografi  Rules of Thirds dan Leading Lines. 

BACA JUGA: Ternyata Ini 6 Kelebihan iPhone 15 Series dari Smartphone Android, Berikut Penjelasannya

Komposisi ini akan memberikan fakus di foto akan terarah ke subjek utama. Alhasil,  garis di dalam foto bisa melihatnya kepada subyek utama. 

Kategori :