Investigasi FUUI Terhadap Al-Zaytun, Temukan Dokumen Panji Gumilang Sebagai Presiden NII

Rabu 05-07-2023,11:26 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Zeri

Investigasi FUUI Terhadap Al-Zaytun, Temukan Dokumen Panji Gumilang Sebagai Presiden NII

 

SUMEKS.CO - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, menyebut bahwa apa yang terlihat dari Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu mirip seperti komune. 

 

Menurut Muhadjir, komune yang dimaksudkannya itu diharapkan bukan yang ekstrem. Komune yang terdapat di Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat itu, mempunyai sistem pemasyarakatan mirip dengan negara pada umumnya. 

 

"Mudah-mudahan Al-Zaytun tidak sampai menjadi komune yang ekstrem," harap Muhadjir dikutip SUMEKS.CO dari unggahan TikTok @metro_tv, tiga hari lalu. 

 

BACA JUGA:Panji Gumilang Segera Sandang Status Tersangka, Mahfud: Al Zaytun Diselamatkan

 

Berdasarkan investigasi dari Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) yang dilakukan pada 2002 lalu, di Ponpes Al-Zaytun Indramayu ditemukan memiliki struktur pemerintahan sama persis dengan Negara Islam Indonesia (NII). 

 

Dalam dokumen yang ditemukan tim investigasi FUUI, tertulis bahwa Panji Gumilang merupakan presiden periode 1418-1423 Hijriah. Pemerintahannya memiliki 15 kementerian. Dimana, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pembangunan Pendidikan dipimpin sendiri oleh Panji Gumilang. 

 

Dalam susunan, juga tertera dewan fatwa, Mahkamah Agung, Dewan Suro, dan gubernur di sejumlah wilayah. Jika Ponpes Al-Zaytun Indramayu sudah disebut seperti negara, memang faktanya di pesantren tersebut memiliki berbagai bisnis di bidang ekonomi. 

Kategori :