60 Kota di Sumatera Bagian Selatan Ini, Telkomsel Sukses Tuntaskan Upgrading Layanan 3G ke 4G
PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 60 kabupaten dan kota di Sumatera bagian selatan akhirnya masuk tahap finalisasi upgradae layanan 4G/LTE.
'' Telkomsel konsisten melaksanakan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE
pada 60 kota/kabupaten di wilayah Regional Sumbagsel,'' kata General Manager Region Network Operations and Productivity Sumbagsel, Wawan Kuswandono, Selasa 30 Mei 2023.
Proses upgrading sudah dimulai sejak tahun 2022. Pada bulan April 2023 yang lalu, Telkomsel menuntaskan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G pada 60 kota/kabupaten yang tersebar di Lampung, Bengkulu, Pangkalpinang, Sumatera Selatan dan Jambi.
BACA JUGA:6 Kabupaten di Sumatera Selatan Ini, Lakukan Operasi Pembasahan Lahan Gambut Tahun 2023
Proses pemerataan jaringan 4G/LTE ini sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sampai saat ini Proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE telah terseleasikan secara keseluruhan untuk upgrade Site yang berada diwilayah Sumbagsel, dengan tujuan memberikan layanan yang difokuskan pada wilayah yang memiliki tingkat adopsi gaya hidup digital masyarakat cukup tinggi dan penggunaan jaringan di area indoor yang lebih mempuni.
Hingga saat ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G sebesar 6 persen (YoY) yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 5.21 persen (YoY).
Peningkatan tersebut tak terlepas dari rangkaian inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan beragam program dan produk menarik, di antaranya menghadirkan promo bagi pelanggan yang melakukan migrasi/penukaran uSIM 4G akan mendapatkan tambahan kuota hingga 30 GB selama 3 hari di jaringan 4G untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan dengan pemakaian lebih dari Rp 100.000.
Selain itu, terdapat program bundling smartphone 4G terjangkau yang telah mendukung akses jaringan 4G Telkomsel untuk dipilih pelanggan, seperti Samsung, Nokia, Advan, Oppo, Vivo, dan lainnya.
BACA JUGA:Tok Tok, Hakim Agung Nonaktif Sudrajad Dimyati Divonis Bawahannya 8 Tahun Penjara
General Manager Region Network Operations and Productivity Sumbagsel – Wawan Kuswandono mengatakan, “Sejak tahap awal program peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga memasuki tahap terakhir di bulan April 2023 yang lalu diwilayah Sumbagsel, Telkomsel memastikan untuk tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan selama rangkaian proses berlangsung. Kami optimis, proses upgrade layanan jaringan tersebut akan semakin mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi digital nasional seiring dengan semakin terbukanya peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan di berbagai wilayah dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang didukung jaringan berteknologi terdepan dari Telkomsel.”
Peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringan selama proses peningkatan ke 4G/LTE berlangsung telah diupayakan Telkomsel guna memastikan kenyamanan pelanggan untuk mengakses layanan broadband terdepan tetap terjaga.
Selain itu, Telkomsel terus mendorong pelanggan untuk segera melakukan migrasi ke uSIM 4G, pelanggan juga dapat merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD yang bisa dinikmati sambil mengakses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan menggunakan layanan VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel yang saat ini telah tersedia di lebih dari 60 kota/kabupaten di seluruh wilayah Sumbagsel, dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone dari berbagai brand ternama.
Meningkatnya jumlah pelanggan yang bermigrasi ke 4G juga tak terlepas dari upaya Telkomsel dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G, di antaranya pelanggan dapat memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui tsel.me/graparionline. Kemudian pada mekanisme offline, pelanggan cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat.