Jelang Mudik Lebaran, 5 Hal yang Harus Dilakukan Pengguna Jalan Tol

Selasa 28-03-2023,07:13 WIB
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO, Hutama Karya selaku operator dan pengelola jalan tol kembali mengimbau kepada pengguna jalan menaati aturan yang ditetapkan. Terutama pengendara menjelang mudik lebaran 2023.

Pertama, pengguna jalan untuk mengetahui kecepatan minimal dan maksimal, sesuai syarat ditentukan. Dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Kedua, pengguna jalan tol harus beristirahat apabila merasa ngantuk di rest area terdekat.

Ketiga, pengguna jalan tol perlu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

Keempat, pengguna jalan tol apabila melihat atau merasakan ada tindakan kejahatan yang ada di dalam tol, maupun rest area cepat malapor. Telah disediakan call centre di masing masing jalur tol.

Kelima, pengguna tol harus menggunakan kartu uang elektronik (UE), hanya untuk satu kendaraan. Selain itu pengendara perlu memastikam kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol.

Jika pengguna tol mengabaikan kartu UE, dan apabila tidak terisi dan penuh kartunya bisa membuat antrean yang menghambat laju kendaraan di belakangnya. 

BACA JUGA:Truk Ekspedisi Terbakar di Jalan Tol Kayu Agung-Palembang, Ini Tanggapan Pihak JNE

Apabila pengendara lupa mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki Hutama Karya. " Ada fitur cek saldo dan top up saldo UE," kata Koentjoro Direktur Operasi III Hutama Karya.

Diketahui, berkaca dari periode libur long weekend memperingati Hari Raya Nyepi dan Cuti Bersama pada minggu lalu 22-23 2023 yang lalu Hutama Karya mencatat trafik di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Yaitu sehari sebelum tanggal merah yakni pada Selasa 21 Maret, dimana terdapat peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) sebesar 30% jika dibandingkan dengan trafik normal.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Palembang - Pangkalan Balai, 6 Juli 2023

Sebanyak lebih dari 95 ribu kendaraan melintas di seluruh ruas JTTS kelolaan Hutama Karya pada hari tersebut, normalnya VLL sebelum long weekend dilintasi 73 ribu kendaraan, dengan ruas yang mengalami peningkatan trafik paling tinggi yaitu tol Pekanbaru - Bangkinang dengan peningkatan sebanyak 57% atau sebanyak hampir 6500 kendaraan melintas.

“Sementara untuk Mudik Lebaran 2023 mendatang, Hutama Karya memprediksi proyeksi VLL di JTTS akan meningkat sebesar 35% dibandingkan dengan trafik normal.(*)

 

Kategori :