PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jembatan dalam air sungai Musi masih mimpi. Jembatan Musi 3 Namanya. Jembatan di Palembang itu masih mimpi. Perencanaannya sejak 2010.
Nah, jembatan Fehmarnbelt Tunnel bahkan membelah lautan.
Kita lupakan dulu jembatan Musi 3 di Palembang. Jembatan bagus yang sebenarnya sudah pada tahap draf kerjasama dengan Pemerintah Cina. Bahkan pemerintah Cina akan mengucurkan dana sebesar Rp 5 triliun.
sumeks.co akan menelusuri dulu jembatan di negara eropa. Namanya Fehmarnbelt Tunnel. Sudah satu dekade masuk tahap perencanaan.
Proyek jembatan terowongan bawah laut terpanjang di dunia mulai dikerjakan 2020 lalu. Diprediksi selesai pada 2029.
Dibangun dengan kedalaman 40 meter di bawah permukaan laut Baltik.
Fehmarnbelt Tunnel (Terowongan Femarnbelt) akan menghubungkan 2 negara yakni, Denmark dan Jerman.
Terowongan yang panjangnya lebih dari 18 kilometer (km) ini, akan menjadi proyek infrastruktur terbesar di Eropa.
Anggaran yang dihabiskan USD 8,2 miliar.
Sebagai perbandingan, dengan panjang lebih dari 50 km, terowongan Channel, yang menghubungkan Inggris dan Prancis, memerlukan anggaran lebih dari USD 15,5 miliar.
Walaupun jauh lebih panjang daripada terowongan Fehmarnbelt, terowongan Channel justru dibangun dengan mesin dan material yang dianggap sangat sederhana.