Siap-siap Pendaftaran CPNS 2023, Cek Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dibutuhkan Untuk Mengisi Formasi

Rabu 14-12-2022,12:10 WIB
Reporter : Tusda
Editor : Tusda

SUMEKS.CO - Para pencari kerja siap-siap untuk mengikuti pendaftaran seleksi CPNS tahun 2023. Setelah di tahun 2022 hanya melakukan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), pemerintah akan kembali membuka penerimaan CPNS. 

Namun sepertinya tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya, penerimaan CPNS tahun 2023 akan merekrut formasi dari jurusan tertentu saja. Sehingga tidak semua jurusan yang ada di Indonesia dapat mengikuti pelaksanaan tes tersebut.

CPNS 2023 tidak sembarangan membuka formasi yang dibutuhkan, hanya beberapa jurusan kuliah memiliki peluang untuk mengisi formasi yang dibutuhkan. 

Calon pelamar CPNS 2023 wajib mengetahui jurusan apa saja yang paling banyak kebutuhan formasinya. Para calon pelamar sebaiknya mempersiapkan berbagai jenis dokumen, dan persiapan diri untuk menghadapi serangkaian tes CPNS 2023.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini daftar jurusan yang paling banyak dibutuhkan untuk mengisi formasi CPNS 2023. Jika kamu berada di jurusan ini, berarti peluang untuk lulus CPNS 2023 bisa lebih besar dibanding dengan jurusan lainnya. Hal itu lantaran, jurusan-jurusan ini selalu membuka formasi yang besar untuk CPNS 2023. Simak jurusan yang paling banyak dibuka setiap pembukaan CPNS. 

BACA JUGA:Kabar Gembira, Pemerintah Kembali Buka Kartu Prakerja pada Tahun 2023, Insentif Hingga Rp4,2 Juta

1. Kesehatan

Bidang kesehatan menjadi salah satu jurusan yang saat ini paling banyak dibutuhkan. Selain itu bidang ini juga paling banyak minat dan paling banyak menelurkan lulusan dari perguruan tinggi.

Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang membuthkan layanan kesehatan, khususnya di pelosok. Faktanya masih banyak banyak puskesmas di pelosok negeri yang kekurangan tenaga kesehatan.

2. Pendidikan

Bidang pendidikan hampir bisa dipastikan terbanyak formasinya pada lowongan CPNS di tahun 2023 mendatang. Hal ini karena pertumbuhan lembaga pendidikan yang selalu bertambah setiap tahunnya.

Sehingga kebutuhan para guru negeri untuk mengabdi di daerah-daerah semakin besar. Bahkan, jika melihat data pendidikan, masih banyak sekolah negeri di pelosok yang kekurangan guru.

3. Hukum

Jurusan hukum juga masih akan jadi jurusan CPNS primadona. Terlebih sudah ada bocoran dari Kemenpan RB bahwa akan membuka lowongan CPSN khusus untuk tenaga penegak hukum yang saat ini semakin diperlukan di kantor-kantor pengadilan. Termasuk Kemenkumham yang selalu banyak membuka formasi setiap penerimaan CPNS.

BACA JUGA:Terbukti Cuan, Hanya Modal Kuota Bisa Dapatkan Saldo Dana Gratis Rp 2 Jutaan

Kategori :