PALEMBANG, SUMEKS.CO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka penjualan tiket kereta api jelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 sejak 7 NOvember 2022 atau H-45 keberangkatan.
Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan 22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023. Tiket Kereta nantinya dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.
''Ada perubahan metode pembelian tiket,'' kata Kabag Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, Kamis 10 November 2022.
KAI selama ini menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan jelang periode libur Nataru. Sekarang pemesanan tiket menjadi H-45 sebelum keberangkatan.
BACA JUGA:Update Harga Emas Batangan di Pegadaian Palembang, Melonjak Rp 11.000 per Gram Hari Ini
"KAI meningkatkan pelayanan dengan memberikan keleluasaan waktu kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 dari jauh-jauh hari," kata Aida.
"Kami juga mengingatkan kepada pelanggan agar teliti saat melakukan pemesanan, mulai dari mengisi tanggal, memilih rute, maupun memasukkan data diri. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," lanjut Aida.
Untuk syarat naik kereta api, KAI masih menerapkan aturan sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dimana pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster).
Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua. KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer.
BACA JUGA:12 Aturan Lengkap Perpanjangan Penerapan PPKM Level I Kota Palembang
Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.
Pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023, KAI Divre III mengoperasikan KA Rajabasa relasi Kertapati – Tanjungkarang PP dan
KA Bukit Serelo relasi Kertapati – Lubuk Linggau (PP), serta KA kelas komersial yakni KA Sindang Marga relasi Kertapati – Lubuk Linggau PP.
"KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api," tegas Aida.
Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.