Dorong Pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Forum Perangkat di Daerah Muba

Dorong Pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Forum Perangkat di Daerah Muba

Kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin -Foto: dok/sumeks.co-

MUBA, SUMEKS.CO - Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Fitriana, S.Sos M.Si menjadi narasumber pada Kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, Kamis 23 Februari 2023.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba ini bertujuan untuk menselaraskan dan mensinkronkan program kegiatan.

Serta mempertajam indikator program kegiatan dan penyesuaian anggaran untuk menunjang pencapaian Indikator Kinerja Kunci (IKK) Pemerintah Daerah Kabupaten Muba. Khususnya di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

BACA JUGA:Kambang Iwak Family Park Tambah Cantik, Jogging Track Lebih Nyaman

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, Sunaryo, S.STP MM membuka secara resmi Kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah itu.

Dalam sambutannya dia menyampaikan harapannya agar kegiatan yang dilaksanakan mampu membuka wawasan berpikir dan mengubah mindset masyarakat tentang perpustakaan.   

Selain itu juga melalui kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah ini diharapkan akan menghasilkan program kegiatan yang terarah, terukur dan terpadu. Sehingga memiliki manfaat serta dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu Fitriana dalam materi paparan mengambil tema Dukungan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dalam Peningkatkan Pembudayaan Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).

BACA JUGA:Menatap STQ Di Kota Lubuk Linggau

Dirinya menyampaikan bahwa paradigma perpustakaan sendiri telah mengalami perubahan. Dimana peran perpustakaan sebagai manajemen koleksi hanya 10%, sebagai manajemen pengetahuan 20% dan 70 % peran perpustakaan sebagai transfer pengetahuan.

Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel dan Perpusnas RI terus berupaya mendorong pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Yakni dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat berkegiatan masyarakat  yang mampu memberikan manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Fitriani juga sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menekankan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba agar meningkatkan capaian kinerja unsur-unsur Pembangunan IPLM dan indikator–indikator TGM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: