Buah Kelengkeng Tanaman Pemkot Berbuah Lebat, ini Harapan Warga

Buah Kelengkeng Tanaman Pemkot Berbuah Lebat, ini Harapan Warga

Ratu Dewa.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota PALEMBANG Ratu Dewa memerintahkan Dinas Perumahan Rakyat, kawasan pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) mengawasi lahan dan pemanfaatan tanaman kelengkeng di Jl Noerdin Pandji, Kecamatan Sukarami PALEMBANG.

"Ini tujuannya, supaya bisa dimanfaatkan oleh warga maupun orang-orang yang berhak," kata Ratu Dewa di ruang rapat II Setda Kota Palembang, Kamis 2 Februari 2023. 

Ratu Dewa meminta Perkimtan untuk berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait baik Provinsi Sumsel dan Kota Palembang dalam melakukan gerakan penghijauan dengan menanam buah.  

"Selain itu, ke depan saya meminta kepada Perkimtan untuk menanamkan kelengkeng di seluruh lokasi yang ada di Kota Palembang," ujar Ratu Dewa. 

BACA JUGA:Taman Kelengkeng Kompleks PDK Palembang, Pilihan Baru Wisata Keluarga

Diberitakan, wasyarakat Kota Palembang yang melintasi Jl Noerdin Pandji Palembang, akan disuguhkan pemandangan yang tak biasa.  Tanaman Kelengkeng tumbuh subur di pinggir Jl Noerdin Pandji, Kelurahan Sukarami Palembang. Terlihat buah kelengkeng yang tumbuh subur berjejer rapi tertanam di pinggir jalan.

Tak hanya satu atau dua pohon, terdapat puluhan pohon kelengkeng yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di tepi jalan tersebut. Rata-rata semuanya tumbuh subur dan berbuah lebat. Buahnya yang tumbuh lebat membuat siapapun yang melintas tergelitik untuk memetiknya. 

Ruri, salah satu warga mengatakan bahwa tanaman kelengkeng di Jl Noerdin Panji sudah beberapa tahun lalu ditanam. Buahnya juga biasa diambil pengendara yang tak sengaja lewat dan mampir untuk memetiknya.

"Dari dulu memang lebat buahhya. Sering diambil orang," ujar Ruri.

BACA JUGA:Taman Kelengkeng TAA Ramai Dikunjungi saat Weekend dan Libur Lebaran

Ruri menuturkan, warga sekitar ikut senang melihat tanaman kelengkeng yang tumbuh subur di daerahnya itu. Terlebih, buah kelengkeng yang ditanam merupakan inisiatif pemerintah untuk keindahan Kota Palembang.

"Ya, baguslah biar semakin indah. Apalagi kalau bisa ditanam buah lainnya," tukas Ruri.

Ruri berharap, agar tanaman kelengkeng yang ditanam bisa menjadi daya tarik masyarakat. Serta menjadikan Kota Palembang ditanami tanaman yang bermanfaat terlebih di taman kota.

"Harapan kami sebagai warga agar tak hanya di sini saja. Tapi di tempat lainnya juga," harap Ruri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: