QRIS BRI: Solusi Pembayaran Praktis yang Memudahkan Transaksi di Seluruh Indonesia
QRIS BRI hadir sebagai solusi pembayaran praktis dan modern, memudahkan transaksi non-tunai dengan cepat dan aman di seluruh Indonesia.--
SUMEKS.CO - Bank Indonesia terus berkomitmen untuk memperluas penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), standar pembayaran berbasis QR code yang dirancang untuk mempermudah transaksi di seluruh Indonesia.
Inisiatif ini, yang diluncurkan untuk menciptakan sistem pembayaran yang lebih praktis, aman, dan efisien, menjadi bagian dari upaya besar BI dalam mengembangkan ekosistem ekonomi digital nasional.
QRIS memiliki dua mode utama yang mempermudah pengguna dan merchant dalam bertransaksi. Mode pertama adalah Merchant Presented Mode (MPM), di mana pelanggan akan memindai kode QR yang disediakan oleh merchant, sehingga pelanggan hanya perlu membuka aplikasi e-wallet atau mobile banking untuk melakukan transaksi.
Sementara itu, mode kedua, Customer Presented Mode (CPM), memungkinkan pelanggan untuk menunjukkan QRIS dari aplikasi mereka, yang kemudian akan dipindai oleh kasir. Kedua mode ini dirancang untuk mengurangi waktu yang dihabiskan dalam antrean, menciptakan pengalaman pembayaran yang lebih efisien dan nyaman di berbagai jenis toko atau layanan.
BACA JUGA:Hati-Hati! Modus Penipuan Undian Hadiah BRImo FSTVL, Jangan Sampai Tergiur Hadiah Palsu
BACA JUGA:BRI Perluas Layanan ke Pelosok dengan 1 Juta Agen BRILink di 62 Ribu Desa
Salah satu keunggulan dari sistem QRIS adalah kemampuannya untuk bekerja lintas aplikasi. Dengan adanya interoperabilitas ini, QRIS dapat digunakan dengan berbagai aplikasi e-wallet dan layanan mobile banking yang telah ada di Indonesia.
Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam memilih metode pembayaran, sekaligus membuka kesempatan bagi berbagai penyedia layanan keuangan untuk terus berinovasi.
Dengan batas maksimum transaksi yang cukup tinggi, yaitu Rp 2.000.000,-, QRIS juga mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan transaksi dari yang kecil hingga menengah.
Bank Indonesia berharap adopsi QRIS dapat memberikan kemudahan, terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil atau yang belum terjangkau layanan perbankan konvensional.
BACA JUGA:BRILink di Rupit, Solusi Praktis Perbankan yang Makin Diminati Warga Muratara
BACA JUGA:BRI Cetak Laba Rp45,36 Triliun di Tengah Tantangan Ekonomi Global, Ini Rahasianya!
Dengan QRIS, mereka hanya memerlukan ponsel pintar dan aplikasi pembayaran untuk dapat mengakses layanan keuangan modern, sehingga diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di berbagai wilayah di Indonesia.
Bank BRI, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, turut serta mendukung inisiatif QRIS dari Bank Indonesia ini dengan menyediakan layanan QRIS bagi merchant dan pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: