Telkomsel Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Asian Technology Excellence Awards 2024

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Asian Technology Excellence Awards 2024

Telkomsel menerima dua penghargaan bergengsi dalam ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 di Thailand, atas inovasinya dalam Intelligent Automation dan pengembangan ekosistem gaming melalui Dunia Games.--

SUMEKS.CO - Inovasi pemanfaatan teknologi terkini oleh Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan internasional dengan meraih dua penghargaan dalam ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 yang diselenggarakan di Thailand.

Telkomsel berhasil memenangkan kategori "Indonesia Technology Excellence Award in the Automation" atas penerapan Intelligent Automation dalam proses bisnisnya, serta kategori "Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming" atas penciptaan ekosistem game terlengkap melalui platform Dunia Games.

Prestasi ini mencerminkan komitmen Telkomsel dalam mendorong perubahan dan inovasi digital, sejalan dengan semangat Indonesia yang selalu menjadi inspirasinya.

Dalam penghargaan pertama, Telkomsel meraih "Indonesia Technology Excellence Award in the Automation" karena keberhasilannya dalam meningkatkan efisiensi biaya dan efektivitas operasional melalui penerapan teknologi Intelligent Automation.

BACA JUGA:Saling Tabur Pasir Pemicu Penusukan Simpatisan dan Anggota Polri Saat Pengundian Nomor Urut di KPU Palembang

BACA JUGA:Lucianty-Syapar Nomor Urut 1, Toha-Rohman Nomor Urut 2: Inilah Calon Pemimpin Muba, Anda Pilih Siapa?

Salah satu inovasi utama yang diperkenalkan adalah penggunaan Robotic Process Automation (RPA), yang memungkinkan Telkomsel menyelesaikan sekitar 300 ribu transaksi administratif setiap bulan di tim penjualan, termasuk proses validasi data dan pelaporan.

Dengan implementasi RPA ini, Telkomsel mampu menghemat waktu hingga 12 ribu jam kerja dan mempercepat proses administrasi hingga 70%.

Selain RPA, Telkomsel juga mengembangkan asisten virtual berbasis kecerdasan buatan, Veronika, yang dilengkapi dengan teknologi Machine Learning (ML).

Veronika telah mampu meningkatkan kecepatan klasifikasi Net Promoter Score (NPS) hingga 90%, yang pada gilirannya membantu Telkomsel meningkatkan akurasi analisis umpan balik pelanggan.

BACA JUGA:Update Harga HP dan Tablet Lenovo September 2024, Semakin Terjangkau!

BACA JUGA:Jawa Timur Juarai Final Voli Menteri ATR/BPN Cup 2024, AHY: Sportivitas dan Sinergi Kunci Kesuksesan

Di sisi lain, penerapan Intelligent Business Process Management (IBPM) juga telah berhasil menyelaraskan seluruh proses manajemen distribusi dan inventaris dalam satu sistem terpadu. Inovasi ini meningkatkan efisiensi penyelesaian transaksi hingga 50%.

Tak berhenti di situ, Telkomsel juga tengah berfokus pada penerapan Generative AI (Gen AI) di bidang Corporate Escalation and Solution. Teknologi ini bertujuan menambah kecerdasan operasional, yang secara langsung akan meningkatkan pelayanan bagi pelanggan bisnis Telkomsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: