WhatsApp Kembangkan Fitur Baru untuk Blokir Pesan Spam dari Nomor Tidak Dikenal

WhatsApp Kembangkan Fitur Baru untuk Blokir Pesan Spam dari Nomor Tidak Dikenal

WhatsApp mengembangkan fitur baru untuk memblokir pesan spam dari nomor tidak dikenal, meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.--

SUMEKS.CO - Pernah menerima pesan spam di WhatsApp dari nomor yang tidak dikenal? Tenang, karena WhatsApp tengah mengembangkan fitur untuk mengatasi masalah tersebut.

Aplikasi pesan instan milik Meta ini berupaya memberikan solusi bagi pengguna yang sering menerima pesan dari nomor asing yang berpotensi mengganggu kenyamanan mereka.

Melansir dari WABetaInfo, platform yang sering membocorkan pembaruan fitur WhatsApp ini mengungkapkan bahwa fitur keamanan baru tersebut tengah diuji coba di versi Beta terbaru aplikasi.

Fitur yang dimaksud akan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk memblokir pesan dari nomor tidak dikenal yang dianggap mencurigakan atau berpotensi sebagai spam.

BACA JUGA:Tim Penggerak PKK Kabupaten Muba Dorong Pengembangan UMKM Melalui Inovasi Podcast

BACA JUGA:Pria di Banyuasin Tipu Ratusan Tetangganya Sendiri, Jual Jaringan Internet Tak Sesuai Spek

Fitur ini disebut agak tersembunyi dalam pengaturan aplikasi. Pengguna yang ingin mengakses fitur baru ini harus masuk ke tab "Advanced" di bagian Privacy dalam menu Settings WhatsApp.

Di sana, pengguna akan menemukan opsi baru bernama "Block unknown account messages" yang jika diterjemahkan berarti “Blokir pesan akun tidak dikenal.”

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menggeser toggle pada opsi tersebut. Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis akan memblokir pesan dari nomor asing yang tidak pernah berinteraksi dengan pengguna sebelumnya, terutama jika pesan tersebut dikirim dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Kondisi ini biasanya dianggap sebagai indikasi aktivitas spam.

Dari keterangan yang ada, WhatsApp akan memblokir pesan dari nomor tidak dikenal setelah melewati batas tertentu.

BACA JUGA:Terciduk Drone Asing Memata-matai Latihan Pemain Sriwijaya FC, Jafri Sastra Murkah!

BACA JUGA:Kadiv Gedung II Waskita Karya Tersangka Kasus Korupsi LRT Sumsel Rp1,3 Triliun Kembali Diperiksa Kejati

Batas ini disesuaikan dengan pola pengiriman pesan dari nomor asing. Jika suatu nomor asing mengirim pesan dalam jumlah banyak secara beruntun dalam waktu singkat, WhatsApp akan mendeteksinya sebagai aktivitas spam dan secara otomatis memblokir pesan dari nomor tersebut.

Namun, ada pengecualian dalam sistem ini. WhatsApp masih memungkinkan pengguna untuk menerima pesan dari nomor asing asalkan pesan yang dikirimkan tidak menunjukkan pola spam, atau dikirim secara normal dengan jeda waktu yang wajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: